Lampu Mobil Berembun, Ini Penyebabnya - Kompas.com

Lampu Mobil Berembun, Ini Penyebabnya

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 22/11/2017, 11:22 WIB
Ilustrasi lampu mobil.Autoguide.com Ilustrasi lampu mobil.
Jakarta, KompasOtomotif - Lampu pada mobil merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan pemilik kendaraan, terlebih ketika musim hujan. Bisa saja kondisi sil atau mika kaca rumah lampu sudah tidak bagus atau bercelah.
 
Kondisi itu bisa menjadi jalan bagi masuknya air atau udara ke dalam casing lampu. Nantinya, akan membuat mika lampu menjadi berembun. Bahkan, bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu.
 
Jika sudah mendapati kondisi demikian, maka sebaiknya lampu tersebut dibongkar terlebih dahulu. Kemudian dibersihkan dan dikeringkan, lalu kembali dipasang rapat-rapat.
 
 
Fog lamp pada kendaraanSetyo Adi/Otomania Fog lamp pada kendaraan
"Dibersihkan dulu dalamnya, nanti direkatkan lagi, pakai lem. Jenis lemnya ada dua, kalau pakai lem basah perlu dipanasin. Kalau lem kering perlu diketrik (diketuk perlahan)," kata Dion Rangga, pemilik bengkel Dion Rangga Spec Rare Item di  Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2017).
 
Adanya embun atau air di dalam lampu bisa menyebabkan korsleting.  Kemudian, merusak jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam mobil.
 
"Kalau kena air bisa putus sekringnya, kalau ketemu setrum sama setrum akibat basah, jadi korslet," kata dia.
 

PenulisFachri Fachrudin
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM