Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Modifikasi Lampu Mobil, Ada Jenis Lampu Knight Rider

Kompas.com - 04/07/2019, 18:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ragam modifikasi mobil banyak jenisnya, termasuk pada lampu kendaraan, yang sering terkena sentuhan modifikasi.

Mulai dari yang bersifat untuk mengoptimalkan pencahayaan hingga menambah estetika kendaraan tersedia di pasaran. Berikut ragam modifikasi lampu mobil kekinian mulai dari Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah.

1. Lampu High-Intensity Discharge (HID)

Lampu HID atau biasa dikenal dengan sebutan lampu proyektor merupakan modifikasi dasar pada bagian lampu mobil. Lampu jenis ini diklaim mampu bertahan lebih lama dan hemat daya dibanding halogen. Paparan sinarnya pun lebih luas.

Namun semenjak diperkenalkannya lampu LED pada mobil, pengguna mobil mulai meninggalkan lampu HID. Sebab, harganya hanya berbanding tipis.

"Harganya beragam, tergantung merek dan tipe. Namun rata-rata berada dikisaran Rp 500.000-an," kata Arle dari MVD Car Accessories kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

"Tiap bengkel memiliki standar masing-masing. Ada yang mulai Rp 500.000 sampai jutaan tergantung mobil dan kualitas lampunya. Ambil contoh Livina baru, lampu projector yang bagus itu kisarannya Rp 1,7 juta," tambah Rico, pemilik bengkel spesialis lampu Shine Auto Light.

2. Lampu LED

Lebih kecil, hemat daya, dan memiliki sinar yang tak begitu menyilaukan seperti HID, lampu LED kerap dipilih oleh pemilik mobil saat memodifikasi kendaraannya. Lampu jenis LED juga memiliki banyak macam, yang terbaru adalah LED 3 warna.

"Hanya cukup ganti bohlam saja dari yang standar, namun memiliki 3 warna yakni putih, putih kekuningan, dan kuning. Sehingga pemilik kendaraan lebih nyaman saat menggunakan mobilnya di segala cuaca," kata Rico.

Lampu LED 3 warna juga diakui Rico paling laris untuk saat ini. Sebab dibandingkan dengan LED standar, harganya tidak terpaut jauh yakni Rp 750.000 (kisaran LED standar adalah Rp 600.000).

"Kalau paling banyak yang cari sekitar Rp 500.000. Tapi kalau mobil baru atau Eropa, ada yang Rp 900.000-an," ujar Arle.

3. Lampu Laser

Kurang puas dengan paparan cahaya yang dikeluarkan lampu LED, lampu laser mungkin bisa jadi pilihan. Sebab, jarak pencahayaannya dua kali lipat daripada lampu jauh LED.

Tapi, menggunakan lampu laser pada mobil masih menuai pro dan kontra.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com