Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menaikkan Kualitas Audio Mobil

Kompas.com - 12/06/2019, 16:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pemilik mobil banyak melakukan modifikasi atau upgrade pada sistem audio. Tujuan utama tentu agar suara yang dihasilkan bisa enak di telinga atau sesuai dengan selera.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan modifikasi pada sistem audio. Dalam sistem audio, terdapat beberapa komponen utama, antara lain speaker, power amplifier, kabel, dan subwoofer.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt mengatakan, bahwa semua komponen ini harus saling mendukung satu sama lain.

Baca juga: Tips Modifikasi Audio untuk Mobil Harian

"Audio itu seperti rantai, berhubungan semua. Kalau suara mau bagus, ya tidak bisa hanya ganti speaker saja atau subwoofer saja," ujar Puji, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Nanti pasti ada saja kekurangannya kalau seperti itu. Percuma speaker bagus tetapi power amplifier tidak mendukung atau sebaliknya," kata Puji.

Baca juga: Investasi Audio buat di Kabin Mobil

Puji menambahkan, bahwa sebenarnya yang paling penting itu semuanya satu paket dan harus matching. Namun, tidak harus dari satu merek yang sama, yang penting cocok dan saling melengkapi.

"Misalkan, speaker-nya butuh amplifier yang seperti apa, nanti amplifier-nya mencocokkan. Jadi, tidak masalah pakai merek apa, yang penting seimbang dan semua bersinergi. Namanya juga kan sistem audio," ujar Puji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com