Inspirasi Baru dari Custombike Show Jerman - Kompas.com

Inspirasi Baru dari Custombike Show Jerman

Kompas.com - 04/12/2018, 09:42 WIB
Custombike Show, Jerman            Custombike Show, Jerman

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan rombongan Suryanation Motorland mengunjungi gelaran Custombike Show di kota Bad Salzuflen, Jerman, diklaim banyak mendatangkan inspirasi baru. Terlebih dengan suguhan jajaran karya sepeda motor kustom internasional yang tampil sangat memukau.

"Seremoni pembukaan Custombike Show sangat menarik, apalagi ditambah dengan motor kustom yang hadir bukan hanya dari Jerman, tapi hampir seluruh daratan Eropa," ucap Suryanation Motorland Committee, Rizky Dwianto, dalam keterangan resminya, Senin (3/12/2018).

Menurut Rizky, para rombongan juga berkesempatan untuk berbincang singat dengan builder yang ada di acara. Hal ini menjadi kesempatan emas untuk menjalin kedekatan dan pertemanan bertukar pikiran.

Baca juga: Ini Profil 8 Motor Kustom Indonesia yang Tampil di Yokohama

Salah satu acara yang paling ditunggu dalam ajang Custombike Show adalah Bikers Bike Build Off. Konten ini berisikan kompetisi dua builder yang ditantang membangun motor kustom secara langsung di dalam area Custombike Show.

Custombike Show, Jerman                              Custombike Show, Jerman

Sementara pada hari kedua, rombongan mendapat kesempatan mengunjungi salah satu builder senior asal Jerman, yakni Fred Kodlin Motorcycle. Kesuksesan perjalanan builder yang telah dimulai sejak 1980-an ini bisa menjadi acuan inspirasi, karena workshop ini kini telah menjelma menjadi perusahaan kustom yang cukup besar.

Fred Kodlin sendiri awalnya hanya sebagai orang biasa yang mengikut magang sebagai tukan ledeng pemanas. Dari kondisi tersebua, Kodlin mendapat sertifikat master craftsman sebagai pandai besi dan mekanik roda dua. Hasil kerja kerasnya membuat rangka berbuah manis ketika pada 1999 ia mendapat sertifikat dari Asosiasi Inspeksi Teknis yang membuat usahanya terus berkembang.

Baca juga: Batal ke Jerman, Empat Motor Kustom Indonesia Belok ke Italia

 Fred Kodlin Motorcycle                               Fred Kodlin Motorcycle

Fred yang kini mengesahkan brandnya menjadi Kodlin Motorcycles sudah membuat beberapa parts after market khusus, seperti roda tanpa axl hub, rem visible, sistem transmisi, roller, kabel, dan pulley, serta proses optikal Desain Airbrush yang merupakan fitur andalan khas motor buatan Kodlin.

"Perjalanan ini memberikan pengalaman dan kesempatan berharga bagi peserta karena bisa berdiskusi langsung dengan salah satu builder senior di Eropa. Sambutan yang diberikan pun sangat luar biasa dan mereka tampak antusias berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai dunia kustom," ujar Rizky.



Close Ads X