Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Sombong Kalau Jago Naik Motor

Kompas.com - 21/10/2018, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia yang beraktivitas menggunakan sepeda motor, harus tetap mengutamakan keamanan dan juga keselamatan. Paling sederhana, menanamkan disiplin pada diri sendiri selama di jalan raya.

Menurut Ibnu Fachrizal, instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menang juara pertama di kelas CB400 dan Overall Group CB400 di Jepang, jangan pernah sombong meskipun merasa jago ketika naik motor.

"Jadi ikuti semua peraturan yang ada, lalu naik motor itu harus selalu berpikir positif demi keselamatan dan keamanan selama berkendara," ujar Ibnu ketika berbincang dengan Kompas.com di Tokyo, Jepang, Jumat (19/10/2018).

Baca juga: Masukan dari Instruktur Indonesia buat Safety Riding di Jepang

Ibnu melanjutkan, ketika berkendara mau memacu motor dengan kecepatan rendah atau tinggi tidak masalah, asalkan sesuai dengan tempat dan juga aturan. Jangan pernah, melanggar rambu lalu lintas, dan mengutamakan ego.

Peserta Safety The 19th Safety Japan Insctuctors Competition 2018 di Suzuka Circuit Traffic Center, Jepang.istimewa Peserta Safety The 19th Safety Japan Insctuctors Competition 2018 di Suzuka Circuit Traffic Center, Jepang.

"Tetapi yang paling penting, berkendara sesuai dengan kemampuan agar merasa lebih aman dan nyaman selama di jalan," kata Ibnu, pria asal Samarinda itu.

Selain itu, jika merasa kurang pengetahuan soal cara berkendara yang aman, jangan pernah menyerah. Informasi tersebut bisa didapat melalui media apa saja.

"Jadi jangan juga cepat puas, jangan merasa sudah bisa lalu tidak mau menambah ilmu lagi. Ilmu pengetahaun soal keamanan dan keselamatan berkendara itu sangat banyak, dan tidak ada ruginya untuk dipelajari," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com