Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik 250 Bukan Cuma XMAX dan Forza

Kompas.com - 15/08/2018, 10:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini meluncurkan produk skuter matik (skutik) terbarunya, Forza 250. Kehadirannya dianggap sebagai rival bagi skutik andalan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di segmen yang sama, yakni XMAX.

Kendati demikian, segmen skutik 250 di Indonesia sebenarnya bukan hanya diisi dua produk tersebut. Sebab masih ada dua skutik lainnya yang kini juga beredar di pasaran. Keduanya adalah Benelli Zafferano 250 EFI dan Kymco Downtown 25Oi.

Baca juga: Honda Forza Jagoan Baru AHM di GIIAS 2018

Benelli adalah produsen sepeda motor Italia yang kini diakuisi oleh Qianjiang Group asal China. Sedangkan Kymco merupakan salah satu pelopor motor skutik di Indonesia. Produsen ini berasal dari Taiwan.

Zafferano 25o EFI, salah satu skutik bongsor Benelli yang didiskon selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Zafferano 25o EFI, salah satu skutik bongsor Benelli yang didiskon selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Dibanding Forza dan XMAX, Zafferano dibanderol Benelli dengan harga yang lebih murah, yakni hanya Rp 45,6 juta. Per Agustus 2018, Benelli bahkan memberi diskon Rp 6 juta untuk motor ini.

Zafferano dibekali bagasi luas di bawah jok yang bisa menampung dua helm sekaligus. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 12 liter. Motor ini juga mengadopsi cakram ganda di bagian roda depan.

Dari segi dimensi, Zafferano memiliki panjang 2.168 mm, lebar 796 mm, dan tinggi 1.434 mm. Beratnya mencapai 155 kilogram.

Untuk dapur pacu, Zafferano mengusung mesin berkubikasi 249,7 cc. Mesin ini tercatat sanggup menghasilkan tenaga mencapai 15,5 Kw dan torsi 20,83 Nm.

Baca juga: Godaan Produk Baru Benelli di Kemayoran

Kymco Downtown 250iFebri Ardani/Otomania Kymco Downtown 250i

Sementara itu, Downtown dibanderol Kymco dengan harga Rp 68 juta. Lebih mahal dari XMAX (Rp 57,8 juta), namun sedikit lebih murah dari Forza (Rp 70 juta).

Downtown dibekali tangki yang mampu menampung bahan bakar hingga 12,5 liter. Seperti skutik gambot lainnya, motor ini juga dibekali bagasi yang bisa menampung dua helm.

Dari segi dimensi, Downtown memiliki panjang panjang 2.250 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.310 mm. Beratnya mencapai 178 kilogram.

Baca juga: Kenalan Skutik Maxi Kymco Penantang Yamaha XMAX

Motor ini menggendong mesin 246,3 cc. Dari data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 17,1 Kw dan torsi 23,14 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com