Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menimbang Forza dan XMAX di Segmen Skutik Premium

Kompas.com - 04/08/2018, 13:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Kehadiran Honda Forza 250 makin memanaskan persaingan skutik premium di Tanah Air. Seperti diketahui di segmennya, Forza akan bertatap muka langsung dengan Yamaha XMAX 250.

Lantas apa modal skutik buatan Thailand ini untuk bersaing melawan XMAX yang sudah meluncur lebih dulu. Kita mulai dari sisi tampilan lebih dulu.

Desain dan Dimensi

Bila melihat dari tampilan, Forza memang menawarkan suguhan baru yang lebih futuristik. Desain depanya dibuat lebih ramping dan tak sebongosor XMAX, begitu juga dengan sektor bokong yang dibuat meruncing tak sepadat XMAX.

Dimensi Forza dibuat lebih pendek dengan panjang 2.140 mm, sementara XMAX 2.185 mm, namun tinggi keseluruhan XMAX lebih rendah yakni 1.465 mm, sedangkan Forza 1.470 mm. Meski begitu, tinggi jok dikuasai XMAX, yakni 795 mm yang membuatnya lebih mendominasi ketika digunakan pengguna dengan postur tubuh tinggi.

Warna Baru Yamaha XMAX250dok.Yamaha Warna Baru Yamaha XMAX250
Baca juga: Ini Harga Resmi Honda Forza 250 dan Super Cub C125

Sedangkan untuk wheelbase Forza lebih unggul tipis, yakni 1.547 mm sementara XMAX 1.540 mm. Karena itu, bobot keseluruhan lebih berat Forza yang mencapai 191 kg dan XMAX hanya 179 kg.

Fitur dan Tenaga

Skutik bongsor Yamaha dan Honda sama-sama mengaju pada kenyamanan pengendara, karena itu fiturnya diperkaya dengan teknologi modern. Mulai dari pencahayaan yang sudah didukung LED, adanya electric power socket, keyless, dan sama-sama dibekali fitur traction control.

Honda Forza 250 di GIIAS 2018STANLY RAVEL Honda Forza 250 di GIIAS 2018

Namun bagitu, teknologi traksi yang dinamai Honda Selectable Torque Control (HSTC) pada Forza diklaim berbeda dengan traction control. Fungsinya bukan hanya sebagai pengontrol traksi roda, tapi juga bisa mendeteksi perbedaan rotasi antara ban depan dan belakang kemudian mengatur tenaga mesin dengan kontrol asupan bahan bakar untuk menghindari kondisi slip yang tak terduga.

Baca juga: Sehari Melantai, Super Cub dan Forza 250 Laris Manis

Untuk perangkat keselamatan, XMAX dan Forza sama-sama dibekali sistem pengereman ABS. Kedua skutik bongsor ini juga memiliki kompartemen lapang dengan kapasitas yang mampu menampung dua helm, sayangnya Forza hanya memiliki kapasitas bensin 11,5 liter, sementara XMAX 13 liter.

Yamaha XMAX.Ghulam/KompasOtomotif Yamaha XMAX.

Untuk dapur pacu, Forza mengusung mesin berkubikasi 249,01 cc dengan tenga 23,1 hp pada 7.200 rpm dan torsi 24 Nm di 6.250 rpm. Sementara XMAX 250 cc, memiliki tenaga 22,5 hp yang sudah bisa didapat di 7.000 rpm dengan torsi 24,3 Nm pada putara 5.500 rpm.

Baca juga: Yamaha Buka Lagi Order XMAX 250

Harga

Honda Forza 250 di GIIAS 2018STANLY RAVEL Honda Forza 250 di GIIAS 2018

Dari semuan yang ditawarkan, faktor harga paling menjadi penentu bagi konsumen. Sayangnya, sebagai pendatang baru Forza dibanderol lebih mahal dengan kisaran Rp 70 juta. Sedangkan XMAX yang dibuat secara lokal hanya Rp 57,8 juta.

Tingginya harga Forza dinilai wajar, karena statusnya masih dikirim dari Thailand belum diproduksi di dalam negeri. Apalgi ditambah dengan kondisi nilai rupiah yang makin melewah terhadap dollar Amerika Serikat saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com