Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Data Penjualan, Gaikindo Akan Temui KPPU

Kompas.com - 07/08/2018, 11:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana untuk menemui Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU), setelah gelaran GIIAS 2018 rampung.

Ini menyusul gejolak soal pernyataan pihak KPPU, yang mengimbau para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif, untuk tidak lagi mengumpulkan data penjualan ke asosiasi, seperti Gaikindo maupun Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

“Kami ingin bertemu KPPU, ingin membahas masalah ini dan lain-lainnya, rencananya akan dilakukan setelah pameran GIIAS usai,” ujar Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo, Senin (6/8/2018).

Baca juga: KPPU Buka Ruang Diskusi dengan Asosiasi Otomotif

Mewakili Gaikindo, Jongkie menuturkan, pihaknya menyerahkan semua ke KPPU, jika memang peraturannya diubah mereka bakal mengikutinya. Pasalnya, pengumpulan data penjualan yang dilakukan  Gaikindo sudah sesuai dengan regulasi.

“Kami tidak berani jika tidak ada payung hukumnya. Ini sesuai dengan PMK Nomor 228 tahun 2017. Sebenarnya juga tak hanya Gaikindo yang diberi tugas itu, tapi juga beberapa asosiasi dari sektor bisnis lain,” ujar Jongkie.

Sejauh ini sudah ada dua Agen Pemegang Merek (APM) otomotif di dalam negeri, yang dicabut keanggotaannya dari Gaikindo, lantaran tak menyerahkan data penjualan. Dimulai dari Mercedes Benz kemudian disusul oleh Kia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com