Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memahami Ancaman Selama Bermotor

Kompas.com - 30/06/2018, 12:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa kecelakaan saat berkendara motor dapat terjadi kapan saja dan darimana saja. Salah satunya sedang ramai di media sosial rekaman kecelakaan pengendara ojek online bersama penumpangnya di Bogor beberapa waktu lalu.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kembali mengingatkan pentingnya memahami situasi sekitar bagi pengendara motor untuk keselamatannya selama berkendara.

"Ancaman bahaya bagi pengendara motor itu bisa datang tidak hanya dari depan. Tapi juga samping kiri kanan bahkan atas dan bawah," ucap Jusri saat dihubungi Jumat (29/6/2018).

Ancaman bahaya dari bawah dicontohkan seperti lubang di jalan yang dapat membuat pengendara motor terjatuh. Ancaman dari atas bisa didapat dari jatuhnya baliho atau billboard iklan saat angin kencang.

Baca juga: Kamera 360 Derajat Untuk Minimalisasi Kecelakaan Pemotor

Dalam kasus kecelakaan yang terjadi di Bogor tersebut pengemudi motor dapat mengetahui ancaman apabila memiliki sikap membiasakan diri melihat situasi.

"Bagi pengendara motor baiknya dibiasakan untuk melihat potensi ancaman disekelilingnya. Lakukan pengecekan melalui kaca spion setiap lima sampai delapan detik. Ini salah satu pentingnya kehadiran spion," ucap Jusri.

Sikap lainnya adalah menoleh ke arah yang dituju sebelum melakukan manuver. Ini untuk memastikan kondisi yang sebenarnya karena kaca spion memiliki sudut yang terbatas.

"Ini sebenarnya bagian dari ketrampilan mengemudi yang harus dimiliki setiap pengendara. Kalau ini menjadi kebiasaan potensi ancaman tentu dapat ditekan serendah mungkin," ucap Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com