Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Bahaya Jas Hujan Ponco buat Pemotor

Kompas.com - 27/11/2017, 16:42 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis


Surabaya, KompasOtomotif
- Kecelakaan tunggal yang melibatkan sebuah sepeda motor dilaporkan terjadi di Surabaya akhir pekan lalu. Penyebabnya karena jas hujan ponco yang digunakan pengguna motor tersebut tersangkut di roda belakang.

Melalui akun Instagramnya, edorusia, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan, Edo Rusyanto mengunggah video yang memperlihatkan pengguna motor yang berboncengan terjatuh akibat jas ponco yang dikenakan salah satu dari mereka tersangkut di roda. Keduanya terjatuh di tengah kondisi lalu lintas yang ramai.

Beruntung, keduanya tidak ditabrak kendaraan lain yang melaju di belakangnya. Sebuah mobil yang melaju dari belakang tampak langsung menghindar ke kiri untuk mencegahnya menabrak dua pengguna motor yang sedang terjatuh.

Baca juga : Bikers, Jangan Pakai Jas Hujan Model Ponco

Pengendara motor yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang motor. Peristiwa ini terjadi di Surabaya, Senin (27/11/2017)Instagram edorusia Pengendara motor yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang motor. Peristiwa ini terjadi di Surabaya, Senin (27/11/2017)

Jas hujan ponco memang tidak disarankan digunakan oleh pengguna motor. Sebab model jas hujan ini dianggap berbahaya karena rawan tersangkut di roda belakang motor

Edo menyarankan agar pengguna motor, baik pengendara maupun yang dibonceng untuk menggunakan jas hujan setelan yang terdiri atas baju dan celana. Jas hujan model ini dianggap aman karena tidak mungkin tersangkut di roda saat dipakai.

"Jas hujan yang ideal sebaiknya tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala, hingga seluruh tubuh ketika bersepeda motor. Jas hujan yang terdiri atas bagian celana dan bagian jaket bisa menjadi pilihan," kata Edo kepada KompasOtomotif, Senin (27/11/2017).

RRS02, terbuat dari polyester 190T PVC, dengan tingkat ketahanan air 3000 mm water column.GIVI Indonesia RRS02, terbuat dari polyester 190T PVC, dengan tingkat ketahanan air 3000 mm water column.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com