Kamera 360 Derajat Untuk Minimalisasi Kecelakaan Pemotor - Kompas.com

Kamera 360 Derajat Untuk Minimalisasi Kecelakaan Pemotor

Kompas.com - 26/06/2018, 12:32 WIB
Teknologi Collision Aversion Technology (CAT) menggunakan kamera 360 derajat membantu keselamatan pengendara motorRide Vision Teknologi Collision Aversion Technology (CAT) menggunakan kamera 360 derajat membantu keselamatan pengendara motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keselamatan mungkin sudah jadi hal yang jamak di kendaraan roda empat. Beragam teknologi melalui sensor, kamera serta bantuan perangkat elektronik membuat perjalanan dengan mobil menjadi jauh lebih aman berkat teknologi tersebut.

Namun bagaimana dengan sepeda motor? Fitur keselamatan pada produk sepeda motor sangat jarang mengalami pembaruan.

Beruntung, baru-baru ini sebuah perusahaan start-up bernama Ride Vision mengumumkan telah menghadirkan sistem keselamatan bagi sepeda motor yang dapat dimanfaatkan pengendara.

Sistem yang menggunakan basis kamera 360 derajat ini akan memperingatkan kemungkinan tabrakan dengan melihat situasi di sekitar sepeda motor.

Baca juga: Tanggapan Pengamat Keselamatan Soal Tes Psikologi Permohonan SIM

Sebuah software akan mengintrepetasi beragam citra dari kamera yang memungkinkan terjadi tabrakan. Peringatan tersebut akan disampaikan kepada pengendara dengan lampu peringatan.

"Tantangannya selalu pada teknologi. Ini secara teknis memang menantang untuk membuktikan bahwa solusi teknologi yang menambah biaya, ruang, berat atau membutuhkan beragam sudut pandang, ke dalam sebuah sepeda motor yang sempit dan kecil adalah memungkinkan," ucap CEO Ride Vision Uri Lavi seperti dikutip dari web perusahaan tersebut Senin (25/6/2018).

Lavi menyebutkan sepeda motor adalah kendaraanyang unik yang juga membutuhkan solusi unik. Ia memahami sikap berkendara dan analisa gangguan pada motor berbeda dengan mobil.

"Tapi kami terus berusaha menyederhanakan hal tersebut dengan terus mengembangkan apa yang saya sebut Predictive Vision. Kami mendorong pengendara motor untuk menambahkan instrumen keselamatan ini untuk keselamatan terutama para penggemar motor," ucap Lavi.

Teknologi yang diberinama Collision Aversion Technology (CAT) ini masih dalam tahap pengembangan. Perusahaan tengah mencari penyandang dana untuk mengembangkan program ini dengan dana sebesar $2,5 juta.



Close Ads X