Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Juga Wajib ada Faedahnya

Kompas.com - 27/11/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Gianyar, KompasOtomotif – Mengendarai mobil dengan teknik “eco driving”, memang bukan pekerjaan mudah dan perlu diulang-ulang agar menjadi kebiasaan. Bukan hanya sekedar skill berkendaraa, teknik tersebut juga punya banyak faedah.

Ini seperti dikatakan Sugihendi, Trainer Nissan College ketika dijumpai pada penyelenggaraan “Tantangan 7 Liter Livina” di Gianyar, Bali, Selasa (21/11/2017). Selain mengajarkan cara untuk mendapat eco driving, dirinya juga menyebut manfaatnya.

Sugihendi memberikan penjelasan, kalau keuntungan yang pertama adalah soal pengeluaran. Efek positifnya adalah hemat uang, bahan bakar yang ada di tangki bisa digunakan untuk jarak yang lebih jauh, tanpa harus sering mengisi tangki.

“Begitu juga dengan perawatan kendaraan yang bisa lebih rendah,” ujar Sugihendi.

Baca juga : Ini Hasil Uji Efisiensi Bahan Bakar All-New Rush

Ilustrasi jalan tol dalam kota Jakarta.KOMPAS.com/Alsadad Rudi Ilustrasi jalan tol dalam kota Jakarta.

Kemudian kedua soal lingkungan. Tentu saja, semakin sedikit BBM yang dibakar dalam proses pembakaran, produksi emisi gas CO2 akan bisa tereduksi. Tentu saja ini akan mengurangi polusi udara dan membuat nyaman lingkungan.

Selanjutnya, dengan eco driving pengemudi berkendara di jalan dengan lebih bertanggung jawab. Lalu mengurangi level stress ketika berada di jalan, dan menigkatkan kenyamanan perjalanan bagi pengemudi dan penumpang.

“Jadi bukan hanya soal bahan bakar, tapi juga bisa membantu pengemudi untuk menjaga emosinya,” tutur Sugihendi.

“Terakhir adalah soal keamanan. Eco driving juga ternyata bisa mengurangi resiko kecelakaan dan meningkatkan keamanan saat berkendara,” ucap Sugihendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com