Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tak Semua Mobil Diderek dari Depan?

Kompas.com - 09/11/2017, 16:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Jika diperhatikan, tak semua mobil pelanggar aturan yang diderek oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta ditarik dari depan. Sebab ada mobil-mobil tertentu yang justru ditarik dari belakang.

Perbedaan cara ini diketahui merupakan standar operasional prosedur yang diterapkan di Dishub.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijanarko mengatakan, seluruh petugas bagian derek sudah disosialisasikan mengenai perbedaan mobil dengan penggerak roda depan (front wheel drive) dan penggerak roda belakang (rear wheel drive). Perbedaan inilah yang diminta untuk diperhatikan oleh petugas sebelum dilakukannya penderekan.

Baca juga : Tak Mau Mobil Diderek dan Didenda, Patuhi Aturan Ini

"Jadi ditarik dari depan atau belakang tergantung jenis mobilnya. Karena ada mobil dengan gerak roda depan, ada juga yang belakang," kata Sigit kepada KompasOtomotif, Kamis (9/11/2017).

Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menderek mobil yang parkir di bahu jalan di kawasan Jalan Widya Chandra, Jakarta, Selasa (10/10). Dalam razia tersebut petugas melakukan pencabutan pentil kendaraan yang parkir di bahu jalan dan trotoar karena dinilai mengganggu pengguna jalan sekaligus untuk membuat jera para pelaku. ANTARA FOTO/Reno Esnir/kye/17.ANTARA FOTO/RENO ESNIR Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menderek mobil yang parkir di bahu jalan di kawasan Jalan Widya Chandra, Jakarta, Selasa (10/10). Dalam razia tersebut petugas melakukan pencabutan pentil kendaraan yang parkir di bahu jalan dan trotoar karena dinilai mengganggu pengguna jalan sekaligus untuk membuat jera para pelaku. ANTARA FOTO/Reno Esnir/kye/17.

Jika hanya mengacu pada jenis multi purpose vehicle (LMPV), sejumlah mobil yang menggunakan penggerak roda depan di antaranya adalah Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, ataupun Suzuki Ertiga. Jadi kalau diderek, ketiga mobil tipe ini akan ditarik dari depan.

Sedangkan mobil yang menggunakan penggerak roda belakang adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Jika diderek, kedua mobil ini akan ditarik dari belakang.

Tentunya ini bertujuan untuk tidak merusak mobil yang diderek. Apalagi jika mobil tersebut menggunakan transmisi model otomatis, yang tidak boleh sembarangan diderek.

Baca juga : Begini Cara Mengurus Mobil yang Diderek!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com