Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Belum Dihitung, Avanza Masih yang Terlaris

Kompas.com - 17/10/2017, 09:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sepanjang September 2017, penjualan mobil di Indonesia masih didominasi segmen MPV. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza sukses mempertahankan gelar sebagai mobil terlaris.

Total penjualan wholesales pada September 2017 mencapai 87.645 unit. Jumlah tersebut mengalami penyusutan dibanding bulan Agustus yang mencapai 97.256 unit.

Tiga besar penjualan pada September dikuasai oleh MPV keluaran Toyota, mulai dari Avanza, Calya, sampai legenda mobil keluarga Kijang Innova. Meski mengalami penurunan dibandingkan bulan Agustus, namun dengan penjualan 8.083 unit di September, Avanza masih menjadi yang tertinggi.

Calya yang bermain di kelas mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) tujuh penumpang mendominasi penjualan dengan jumlah 5.147 unit. Sementara Innova pada periode yang sama terdistribusi sebanyak 4.977 unit, turun dari bulan Agustus yang jumlahnya mencapai 6.136 unit.

Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra berpotensi mengusik pasar Avanza-Xenia bekas.TAM-ADM Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra berpotensi mengusik pasar Avanza-Xenia bekas.

Baca : MPV Absolut Topang Penjualan Toyota

Kembaran Calya, Daihatsu Sigra, duduk di posisi keempat setelah meraih penjualan 3.878 unit pada September. Sedangkan juru kunci di posisi lima besar diraih Honda Brio Satya dengan jumlah 3.559 unit.

Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander yang sudah mengantongi puluhan ribu SPK (Surat Pemesanan Kendaraan)? Xpander belum dihitung secara wholesales dan retail, karena memang baru saja keluar produksi awal Oktober ini. Bisa jadi peta penjualan mobil akan berubah di sisa 2017 ini mengingat Xpander sudah mulai dikirim ke diler dan konsumen.

Untuk lebih jelas, berikut peta 10 mobil terlaris di September 2017 berdasarkan data Gaikindo.

10 Mobil Terlaris September 2017 10 Mobil Terlaris September 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com