Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Jurus Berkendara Kala Hujan Ala Chevrolet

Kompas.com - 07/10/2017, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sesuai perputarannya, wilayah Indonesia nampaknya mulai masuk musim penghujan, meskipun turunnya masih belum menentu. Bagi yang aktivitasnya kerap menggunakan mobil, tak ada salahnya bersiap kalau tiba-tiba ditengah jalan diguyur hujan.

Bukan hanya soal skill berkendara, persiapan musim hujan juga terkait performa kendaraan sendiri, demi menjaga keselamatan dan keamanan di jalan. Coba mengingatkan perihal keamanan tersebut, Chevrolet Indonesia menyodorkan bekal panduan, agar berkendara bisa lebih aman.

“Berkendara saat hujan memerlukan perhatian yang lebih, khususnya kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir. Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman saat dipakai,” ujar Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia dalam siaran resminya, Sabtu (6/10/2017).

Berikut enam jurus lengkapnya.

Pertama, standar check-up pada kendaraan, termasuk wiper, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan, sebelum bepergian jauh.

Baca juga :  "Ngabuburit" Sambil Menjajal Chevrolet Spark

Kedua, rencanakan rute sebelum bepergian, terlebih saat menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi.

Lebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. “Di Chevrolet sendiri ada fitur MyLink, bisa digunakan untuk screen mirroring dan memindahkan tampilan peta digital demi kenyamanan ekstra,” ujar Yuniadi.

Ketiga, gunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak, atau turunan yang curam dan licin. Teknik itu memudahkan mesin untuk melakukan pengereman, sebelum mencapai tikungan curam, serta membantu mengontrol kecepatan kendaraan, dan membuat rem bertahan lebih lama.

Keempat, pastikan kendaraan pada kondisi yang baik, terutama pada bagian mesin. Pada kondisi jalan berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

Kelima, penting untuk melatih kesabaran. Walaupun saat ini bukan puncak musim liburan, pengemudi harus dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan. Hindari menyusul kendaraan lain ketika tidak bisa melihat jalan di depan, apalagi saat kondisi hujan, seperti pada tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com