Ingat Persiapan Sebelum Berkendara di Musim Hujan - Kompas.com

Ingat Persiapan Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 02/10/2017, 16:22 WIB
Ilustrasi sepeda motor saat musim hujanwww.dolmanlaw.com Ilustrasi sepeda motor saat musim hujan

Jakarta, KompasOtomotif - Cuaca hujan belakangan melanda sebagian besar kota di Indonesia. Ini tentu membuat pengendara motor wajib mempersiapkan kendaraannya agar tidak mendapat masalah di tengah jalan.

"Selalu pastikan sebelum digunakan dimusim hujan, sepeda motor laik jalan. Periksa kondisi ban, terutama permukaan dan tekanan udaranya," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director, Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) saat dihubungi Senin, (2/10/2017).

Menurut Jusri, perhatian khusus diberikan pada kondisi kelistrikan pada sepeda motor. Pastikan lampu-lampu dan indikator berfungsi dengan baik.

"Lampu tidak hanya jadi penerangan saja, tapi juga alat komunikasi dengan pengendara lain saat hujan," ucap Jusri.

Baca : Bahaya di Balik Sinar Lampu Putih Saat Hujan

Kerap dilupakan pemilik sepeda motor adalah ketersediaan jas hujan di sepeda motor. Pastikan selalu ada ditaruh di bagasi atau membawa tas tambahan untuk jas hujan.

"Pilih model yang dua bagian atau jaket dan celana. Jangan gunakan model ponco karena berbahaya saat berkendara," ungkap Jusri.

Terakhir, bagi pengendara motor selalu waspada dengan kondisi sekitar saat berkendara di tengah hujan. Pelankan laju kendaraan karena kondisi jalan hujan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaaan.

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM