Salin Artikel

Ingat Persiapan Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Jakarta, KompasOtomotif - Cuaca hujan belakangan melanda sebagian besar kota di Indonesia. Ini tentu membuat pengendara motor wajib mempersiapkan kendaraannya agar tidak mendapat masalah di tengah jalan.

"Selalu pastikan sebelum digunakan dimusim hujan, sepeda motor laik jalan. Periksa kondisi ban, terutama permukaan dan tekanan udaranya," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director, Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) saat dihubungi Senin, (2/10/2017).

Menurut Jusri, perhatian khusus diberikan pada kondisi kelistrikan pada sepeda motor. Pastikan lampu-lampu dan indikator berfungsi dengan baik.

"Lampu tidak hanya jadi penerangan saja, tapi juga alat komunikasi dengan pengendara lain saat hujan," ucap Jusri.

Baca : Bahaya di Balik Sinar Lampu Putih Saat Hujan

Kerap dilupakan pemilik sepeda motor adalah ketersediaan jas hujan di sepeda motor. Pastikan selalu ada ditaruh di bagasi atau membawa tas tambahan untuk jas hujan.

"Pilih model yang dua bagian atau jaket dan celana. Jangan gunakan model ponco karena berbahaya saat berkendara," ungkap Jusri.

Terakhir, bagi pengendara motor selalu waspada dengan kondisi sekitar saat berkendara di tengah hujan. Pelankan laju kendaraan karena kondisi jalan hujan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/10/02/162200515/ingat-persiapan-sebelum-berkendara-di-musim-hujan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.