Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cinta Mazda dan Mesin Rotary Berlanjut

Kompas.com - 06/09/2017, 19:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber inautonews

Frankfurt, KompasOtomotif – ”Kisah cinta” antara Mazda dan mesin rotary yang sudah menjadi ikon sejak lama, ternyata belum berakhir. Produsen asal Jepang itu mengaku masih berinvestasi untuk melanjutkan pengembangan dan mengetes generasi baru mesin unik itu.

Mazda dan mesin rotary menjadi subjek perhatian untuk gosip otomotif selama setahun belakangan. Mesin yang dikenalkan 50 tahun lalu itu dikenal dengan pengoperasiannya yang halus dan kiriman tenaga dahsyat.

Namun, selanjutnya Mazda memutuskan untuk mendiskontinyu RX-8, mobil sport terakhir yang menggunakan mesin rotary. Artinya, kelangsungan hidup jantung pacu itu harus tutup pula.

Baca: Mobil Sport Rotary Mazda Bangkit Lagi

Kini, yang terbaru, terkait dengan pernyataan Mitsuo Hitomi, Managing Executive Officer of Technical Research Center and Integrated Control System Development Mazda, yang menyebut bahwa mesin rotary masih punya denyut nadi.

”Kami masih melanjutkan untuk pengembangan generasi baru mesin rotary,” tegas Hitomi di sela Mazda Tech Forum, di Frankfurt, Jerman, (5/9/2017), dikutip Inautonews.

Hitomi juga menyatakan bahwa pengembangan itu lebih tricky, terlebih karena banyak masalah yang mengitari prosesnya.

”Kami belum bisa membuat mesin rotary ini berkaitan dengan emisi. Masih banyak faktor yang diteliti agar emisi gas buang mencapai kondisi yang ideal, dan inilah yang justru menjadi hal tersulit,” ujar Hitomi.

Masalah lain, pengiriman api ke ruang bakar. Laporan yang ada menyatakan berlakunya ide mahal, termasuk di antaranya pemantik api dari plasma atau laser. Diharapkan, mesin rotary Mazda akan bisa kembali dilihat pada 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com