Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyambut Konsep Mazda RX-9 Bermesin Rotary

Kompas.com - 18/10/2015, 07:43 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Kabar mengenai Mazda telah menyiapkan penerus RX-8 semakin santer. Kali ini, dalam pameran otomotif dua tahunan, Tokyo Motor Show 2015 yang digelar akhir bulan ini, Mazda dikabarkan siap memamerkan konsep RX-9 bermesin Rotary.

Kabar terbaru seperti dilansir laman Worldcarfans, Minggu (18/10/2015) menyebutkan, kalau konsep itu akan menggendong mesin 800 cc yang dikawinkan dengan turbocharger listrik dan teknologi hibrida. Motor penggerak tersebut diperkirakan mampu menghasilkan tenaga 450 tk.

Sebelum debut, produsen otomotif asal Jepang ini membocorkan gambar teaser melalui dunia maya. Meski berupa siluet, tapi sudah dipastikan RX-9 konsep ini merupakan mobil sedan sport yang memiliki performa tinggi.

Mengenai mesin rotary, Presiden Mazda Masamichi Kogai mengonfirmasi di Frankfurt Motor Show 2015 bahwa pengembangan mesin pembakaran dalam tipe awal yang unik tanpa karburator ini masih dilakukan.

Mesin rotary terakhir kali diproduksi massal oleh Mazda pada model sport RX-8. Mobil berpenggerak roda depan itu kemudian dinyatakan pensiun pada 2012 karena tersisih regulasi emisi bahan bakar. Sempat dikatakan usaha melahirkan penerus RX-8 tidak masuk dalam rencana karena penjualannya dikira tidak bisa mencapai volume bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com