Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Euro VI, Selusin Model Mobil Terancam

Kompas.com - 02/09/2017, 15:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Singapura, KompasOtomotif – Singapura resmi menetapkan standar emisi Euro VI untuk mesin bensin di negerinya tertanggal 1 September 2017. Baru kemudian disusul oleh mesin diesel pada Januari 2018 mendatang.

Mengutip Paultan, Sabtu (2/9/2017) impelementasi aturan baru ini, mempengaruhi jumlah model mobil. Setidaknya ada lebih dari selusin model yang saat ini dijual, tidak memenuhi standar dan bakal keluar dari pasar.

Beberapa model yang terkena dampak peralihan ini di antaranya Honda Accord, Toyota Camry dan Nissan Teana. Kemudian di segmen entry level seperti Nissan Almera dan Toyota Vios.  Lalu Honda Mobilio tujuh kursi, Suzuki Swift dan S-Cross, Hyundai Veloster dan seluruh jajaran Chevrolet yang dipasarkan di Singapura gagal memenuhi standar emisi baru.

Menurut agen resmi dan pengimpor mobil ke Singapura, beberapa model tersebut akan kembali datang, dengan versi Euro VI. Namun, ada juga yang akhirnya bakal benar-benar hengkang dari pasar, seperti Nissan Teana, Honda Accord and Mobilio.

[Baca juga : Singapura Euro VI, Selusin Model Mobil Terancam]

Di deretan negara kawasan ASEAN, Singapura menjasi satu-satunya yang sudah mengadopsi standar emisi yang terbilang tinggi ini. Sementara Indonesia masih transisi untuk menuju Euro IV pada 2018 nanti.

Skema emisi lainnya akan ikut diatur, untuk mendukung regulasi Euro VI, dan ini akan mulai berlaku pada bulan Januari 2018. Para ahli mengatakan, kalau hal ini akan memiliki pengaruh yang lebih signifikan terhadap industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com