Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Swakemudi Siap Produksi di Amerika

Kompas.com - 25/07/2017, 12:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Carscoops

Michigan, KompasOtomotif - Produsen bus kendaraan listrik asal Perancis, Navya, siap membuka fasilitas produksi pertamanya di Michigan, Amerika Utara. Bekerja sama dengan Universitas of Michigan's Mobility Transformation Center, Navya akan membuat kendaraan umum berjenis shuttle untuk keperluan mobilitas dalam kota.

Sebelumnya, pada 2014 lalu Navya sudah memiliki 45 unit shuttle otonom bernama Arma. Kendaraan niaga swakemudi ini diklaim sudah dioperasikan di berbagai negara.

Baca : Bus "Ngangkang" Asal China Gagal Beroperasi

Chief Executive Navya Christoper Sapet, mengatakan pemilihan Michigan menjadi basis porduksi dipercaya karena daerah tersebut terus mengalami perkembangan infrastruktur yang cukup baik berkat dukungan banyak pihak.

"Wilayah Ann Arbor lebih besar dan terus mengembangkan diri sebagai pusat pengembangan kendaraan otonom. Kami merasa ini adalah lokasi yang sempurna, dukungan pemerintah dan masyarakat yang kuat untuk inisiatif mobilitas dikombinasikan dengan telenta yang baik memberikan lingkungan ideal untuk ekspansi kami di Amerika Utara," ucap Sapet yang dikutip dari Carscoops.

Shuttle bus Navyacarscoops.com Shuttle bus Navya

Meski tidak dijelaskan secara terperinci tentang spesifikasi dari kendaraan shuttel yang akan diproduksinya, tapi dipastikan untuk tenaga yang digunakan mengambil dari motor listrik. Sedangkan untuk daya angkut, mampu menampung hingga 15 orang.

Baca : Lihat Canggihnya Bus Perdesaan di Jepang (Video)

Fitur swakemudi yang dihadirkan tanpa adanya campur tangan manusia alias sopir. Kendaraan berjalan berdasarkan sensor yang membaca marka jalan, Navya rencananya akan membangun 25 unit shuttle otonom di Amerika hingga akhir tahun 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com