Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester Dua, Gaikindo Optimistis Pasar Tumbuh

Kompas.com - 11/07/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi positif soal pencapaian industri otomotif sampai akhir 2017, setelah melalui semester pertama.

Pikiran ini disampaikan langsung oleh Johannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (10/7/2017).  Sebelumnya, dua pemain besar (Toyota dan Daihatsu) juga cukup optimistis soal pasar otomotif dalam negeri.

Baca juga : Lebaran Ini Jadi Berkah Untuk Toyota Indonesia

“Kalau dibanding dengan akhir tahun lalu, di penghujung 2017 ini bisa naik ke angka 4 persen, atau menjadi 1.100.000 unit. Sementara tahun lalu hanya sampai 1.060.000 unit tahun,” ujar Johannes.

Johannes menambahkan, kalau pada semester dua ada beberapa faktor pendukung, yang menjadi landasan Gaikindo optimis soal pertumbuhan akhir tahun. Mulai dari kondisi ekonomi yang membaik, sampai banyak lahirnya model baru.

Baca juga : Daihatsu Sebut Pertumbuhan Ekonomi Harus  di Atas 6 Persen

“Pendorongnya karena ekonomi jauh lebih membaik dan ada juga pameran GIIAS di bulan Agustus nanti. Pameran kali ini juga akan mendorong industri otomotif lebih baik, dibanding tahun lalu,” ucap Johannes.

Terkait dengan pencapaian pada semester pertama, Johannes mengatakan realisasinya sejauh ini ada di angka 537.000 unit sampai 540.000 unit. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, pencapaian wholesales ini naik dari yang hanya 532.130 unit.

“Namun angka tersebut belum final, karena masih ada yang terlambat menyerahkan data,” ujar Johannes.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com