Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otomania Makin GATEL Tekan Angka Kecelakaan

Kompas.com - 03/05/2017, 20:04 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotifOtomania.com makin serius mengencangkan Gerakan Tertib Berlalu Lintas (Gatel) untuk meningkatkan kesadaran para pengguna jalan raya. Salah satu buktinya dengan proses peluncuran kerja sama yang dihelat oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korantas Polri) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, Rabu (3/5/2017).

Andy Budiman, Direktur PT Kompas Cyber Media, mengatakan bahwa melalui kerjasa sama ini diharapkan bisa memberikan dampak positif, terutama untuk menekan jumlah korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Angka korban lalu lintas masih cukup tinggi. Pada 2016, 70 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas, jumlah ini terus berkembang. Kami harap dengan kerja sama ini bisa mengkomunikasikan program keselamatan untuk menekan angka kecelakaan. Terima kasih untuk semua support-nya," ucap Andy dalam seremoni peluncuran di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Baca : Angka Kecelakaan Turun, Tapi Korban Bertambah

Sementara itu, Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin, juga mengatakan hal serupa. Menurut pria yang akrab disapa Muhib ini, Gertakan Tertib Berlalu Lintas Otomania sejalan dengan misi dan visi yang sudah sejak lama dirintis oleh YAHM.

"YAHM sudah sejak lama berupaya menekan angka kecelakaan, salah satunya dengan kampanye safety riding. Kita harus sadari keselamatan di jalan raya merupakan tanggung jawab bersama, tidak bisa hanya industri otomotif atau kepolisian saja, hal ini harus dilakukan terus menerus dengan menggandeng banyak pihak, karena ini tidak mudah. Membudayakan sesuatu yang baik itu tidak mudah, butuh waktu lama," ucap Muhib.

Kurangnya kesadaran lalu lintas di jalan raya juga diakui oleh AKBP Yully Kurniawan, Kasubdit Kemitraan Korlantas Polri. Menurutnya, hal ini bisa terlihat jelas dari angka kecelakaan pada tahun lalu yang melibatkan hingga 105.374 kasus.

twitter.com/tmcpoldametro Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 98.970 kasus. Korban meninggal dunia pada 2016 mencapai 25.859 orang, sedangkan pada 2015 sebesar 26.495 orang.

Baca : Teriakkan Gerakan Tertib Berlalu Lintas

"Kami sangat mengapresiasi adanya kerja sama ini, kami melihat maslah lalu lintas makin tahun makin kompleks, makin membahayakan hidup manusia. Pada 2016, tiga orang meninggal per jam karena kecelakaan lalu lintas, dalam satu hari bisa mencapai 70 orang. Menanggapi hal tersebut, kami dari Korlantas sendiri juga akan meluncurkan program Tahun Keselamatan pada akhir bulan Mei ini," papar Yully.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com