Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Kecelakaan Turun, tapi Korban Bertambah

Kompas.com - 11/05/2016, 11:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Padang, KompasOtomotif – Meski tidak termasuk daerah dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi, pihak kepolisian Kota Padang, Sumatera Barat, berkewajiban untuk menanggulanginya. Mendorong supaya jumlah kecelakaan yang terjadi di wilayahnya terus menurun.

“Seluruh Indonesia, kami masih di urutan 30-an, hitunganya masih rendah. Namun, ini tetap kami upayakan agar bisa semakin kecil angkanya,” ujar Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Marsudi kepada KompasOtomotif, Sabtu (7/5/2016).

Marsudi melanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah kecelakaan mengalami tren penurunan. Namun  yang disayangkan, angka fatalitas korban malah menjadi naik. Usia produktif mendominasi  angka kecelakaan di wilayahnya, dari usia 16-25 tahun.

“Jadi jumlah kecelakaan yang terjadi sudah semakin sedikit, namun angka korban jiwa bertambah. Ini yang akan kita terus kaji, agar ke depannya, entah kejadian ataupun fatalitas korban, bisa terus direduksi,” tutur Marsudi.

Faktor Kecelakaan

Marsudi melanjutkan, bukan karena jalan yang rusak kecelakaan terjadi, justru karena bagusnya jalan. Ini yang menggoda para pengendara motor yang kurang pemahaman akan keselamatan, memacu kendaraannya pada kecepatan yang tidak diperhitungkan. Sehingga berujung pada kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

“Selain jalan, faktor lalinnya yaitu kemudahan dalam mendapat kendaraan khususnya roda dua. Hanya dengan Rp 500.000, orang tua sudah bisa membelikan anaknya sepeda motor, padahal belim memiliki SIM dan punya kemampuan berkendara yang baik, ujungnya celaka,” ujar Marsudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com