Mengenal Eclipse Cross, SUV Terbaru Mitsubishi - Kompas.com

Mengenal Eclipse Cross, SUV Terbaru Mitsubishi

Donny Apriliananda
Kompas.com - 10/03/2017, 10:13 WIB
Mitsubishi Motors Mitsubishi Eclipse Cross menjadi salah satu yang ditunggu di Geneva Motor Show 2017.

Jenewa, KompasOtomotif – Salah satu yang ditunggu di Geneva Motor Show 2017, Mitsubishi Motors mengeluarkan SUV baru yang akan mengisi ceruk antara Outlander Sport dan Outlander. Model itu dinamai Eclipse Cross dan disebut menjadi lawan sepadan untuk Nissan Qashqai.

Eclipse Cross adalah versi produksi dari XR-PHEV concept yang ditampilkan beberapa waktu lalu. Sudah pasti, mobil ini dibekali identitas ”Mitsubishi banget”, termasuk gril dan fascia depan gaya Dynamic Shield, seperti mobil-mobil penumpang logo tiga berlian lainnya.

Kesan awal lebih tajam, juga dia punya atap yang setengah kupe, drop dari tengah ke belakang. Kaca belakang unik, terbagi menjadi dua bagian yang dipisah oleh lampu memanjang. Soal bagian belakang ini, Mitsubishi memang doyan bikin sensasi setelah lampu Pajero Sport yang ”meleleh ke bawah”.

Di dalam, Eclipse Cross punya banyak tombol yang merepresentasikan teknologi, dibalut tema satu warna yang menawarkan kenyamanan duduk buat lima penumpang dewasa. Kursi belakang 60:40, bisa digerakkan maju-mundur utnuk mengakali atap yang turun.

Mitsubishi Motors Interior sangat menarik.
Kendaraan ini juga punya on-board Smartphone Link Display yang bisa mengakomodasi Apple CarPlay 3 dan Android Auto 4. Ini memungkinkan pengguna terhubung dengan ponsel via perintah suara dan kontrol sentuh. Ada head up display juga buat pengemudi agar lebih intens dengan kondisi jalan.

Soal mesin, bekal yang dibawanya adalah 1.500 cc turbo berbahan bakar bensin, bekerja bareng CVT 8-percepatan. Pilihan lain, Mitsubishi menyediakan mesin diesel 2.200 cc turbo commonrail dengan transmisi otomatik (non-CVT) 8-percepatan pula.

Teknologi advanced yang patut diapresiasi adalah Active Yaw Control. Fitur ini mengukur angle setir, rasio sumbu veertikal (yaw), torsi, perputaran roda, dan tekanan rem untuk mengatur kebutuhan torsi dan tekanan rem buat roda belakang.

Mitsubishi Eclipse Cross akan mulai dijual di Eropa duluan, lalu menyusul untuk pasar Jepang dan Asia, Amerika, Australia, dan berbagai kawasan lain di dunia. Isunya juga mau masuk Indonesia menggantikan posisi Outlander Sport!

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Close Ads X