Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Bidik Eropa Timur untuk Pabrik Baru

Kompas.com - 06/03/2017, 09:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Timis, KompasOtomotif – Mitsubishi motor mulai memperluas operasinya, di mana akan membangun pabrik baru di wilayah Rumania. Merek Jepang ini sudah mulai bergerak maju, untuk memperluas jaringannya, di mana ini juga akan memberikan keuntungan bagi Nissan yang sudah membeli sahamnya 34 persen.

Mengutip Carscoops, Minggu (5/3/2017) pihak Mitsubishi dikabarkan sudah menjalin komunikasi intensif dengan pemerintah Rumania, terkait dengan pembangunnan pabrik mesin, di awal pekan lalu. Namun memang keputusan resmi belum diambil sampai saat ini.

Berbicara ke depannya, jika Mitsubishi diberi lampu hijau, maka mereka bisa membuka fasilitas perakitan mesin baru di Timis atau Prahova. Positifnya, dua lokasi tersebut dekat dekat dengan salah satu jalan raya, yang memudahkan mereka untuk mengekspor produk ke Eropa Tengah dan Barat dengan mudah.

Dari informasi yang diberikan pihak internal, investasi akan meningkat pada lebih dari 100 juta euro atau Rp 2,84  triliun. Gelontoran dana ini bisa menciptakan banyak lapangan kerja baru dan akhirnya memberikan kontribusi pada anggaran daerah.

Selain Rumania, Mitsubishi juga melakukan negoisasi dengan Hungaria dan Slovakia. Mitsubishi sedang melakukan pembicaraan tentang pemotongan pajak dan dukungan pemerintah, tentunya ini bukan hal yang mudah, untuk akhirnya menentukan di mana membuka pabrik mesin.

Tahun lalu, mantan CEO Nissan Carlos Ghosn berhasil membeli saham Mitsubishi 34 persen, dan membuatnya menjadi pemegang saham terbesar. Melalui tangan pimpinan baru, Hiroto Saikawa, Nissan berupaya keras untuk tidak bergantung pada pasar Amerika dan China, dan mulai mengekspansi wilayah lain dengan segala kemampuannya, melalui Datsun maupun Mitsubishi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com