Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisik Peluang Sienta di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 05/01/2017, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Usia kehadiran Toyota Sienta pada pasar otomotif nasional sudah hampir satu tahun, sejak peluncuran April 2016 lalu. Artinya, multi purpose vehicle (MPV) menengah buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang ini, mulai siap-siap masuk ke segmen baru, pasar mobil bekas (mobkas).

Chief Operating Officer Mobil88 (Grup Astra) Halomoan Fischer, menjelaskan, bahwa Sienta bakal menjadi salah satu incaran baru bagi konsumen mobkas.

"Kalau melihat dari kondisinya, Sienta punya berprospek. Honda sudah tidak produksi Freed, jadi mungkin nantinya bisa menjadi pilihan baru konsumen di atas Avanza atau Xenia," kata Fischer kepada KompasOtomotif, Selasa (3/1/2017).

Secara kondisi, lanjut Fischer, segmen pintu geser saat ini didominasi oleh MPV medium, seperti Biante, Nav-1, atau Serena. Secara harga, Sienta bekas akan lebih murah dibandingkan ketiganya.

"Logikanya memang Sienta akan lebih murah, tapi harus diingat juga populasi Sienta tidak sebanyak MPV lain. Kalau penjualan barunya tidak terlalu banyak, otomatis nanti unit bekasnya juga jarang," ucap Fischer.

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Sienta varian tertinggi, Q, mejeng di IIMS 2016.

Sebelumnya, Teddy pengusaha mobil bekas di MGK Kemayoran juga mengatakan hal serupa. Namun bicara soal model, Honda Freed rupanya masih banyak disukai konsumen.

"Freed pasarnya masih bagus, konsumen masih suka dengan modelnya dan dianggap lebih lapang. Tapi saat ini unitnya tidak banyak, peluang ini bisa digantikan Sienta nantinya," kata Teddy beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com