Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Geser Toyota Sienta Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2016, 19:09 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu daya tarik yang dimiliki Toyota Sienta adalah penggunaan sistem Power Sliding Door (PSD). Fungsinya sudah jelas, bisa mempermudah penumpang belakang untuk keluar-masuk mobil, apalagi jika parkir di tempat sempit.

Semua varian kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) 7-penumpang itu sudah dilengkapi pintu geser. Tipe V dan Q, tersedia di dua sisi pintu, yakni kiri dan kanan. Keduanya sudah menggunakan PSD, sedangkan varian paling bawah, G hanya tersedia di pintu kiri dan belum PSD.

PSD itu memiliki sensor pengaman sehingga pintu akan berhenti otomatis ketika menutup jika disadari ada objek yang berpotensi terjepit. Dengan demikian, sangat aman bagi penumpang, terutama anak kecil.

Febri Ardani/KompasOtomotif Satu unit Toyota Sienta selesai diproduksi selama 169 detik.

Menariknya lagi, teknologi dan pintu gesernya itu merupakan buah kerja sama pemasok suku cadang terbesar di Indonesia, yaitu Astra Otoparts Tbk, dengan produsen suku cadang terbesar ketiga di dunia Aisin Seiki Co. Ltd (Jepang).

Keunggulan lain menggunakan pintu geser, yaitu bisa lebih praktis dari pada jenis pintu biasa, terlebih lagi cara pengoperasiannya yang simpel. Selain itu, pintu jenis ini juga lebih praktis ketika digunakan saat aktivitas buka dan tutup serta tidak membutuhkan banyak ruang.

Ketika parkir di ruang yang terbatas juga tidak perlu khawatir bisa keluar mobil. Sebab, pintu akan terbuka lebar secara horizontal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com