Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Balap Ini Dilelang Tembus Rp 356 M

Kompas.com - 23/08/2016, 15:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Mobil sport legendaris berdarah Inggris, Jaguar D-Type, jadi salah satu mobil balap terbaik yang pernah diciptakan. Model yang diproduksi sekitar tahun 1954 dan 1957, tiga kali memenangkan perlombaan 24 Hours of Le Mans pada 1955, 1956, dan 1957.

Melalui model ini, Jaguar mempelopori penggunaan sasis monokok untuk yang pertama kalinya di dunia balap. Dengan desain tubuh yang unik dan menarik, D-Type juga merupakan salah satu mobil sport lawas yang mempesona.

Mobil yang diperlihatkan pada gambar, merupakan Jaguar D-Type dengan kode sasis XKD 501, dan memenangkan 24 Hours of Le Mans di 1956. Sepanjang karirnya, mobil ini melengkapi dirinya dengan jarak tempuh 2.507 mil, pada kecepatan rata-rata 104,47 mil per jam, dan kecepatan maksimal 156,868 mil per jam.

Autoblog.com Jaguar D-Type yang dilelang.

Saat itu, Jaguar D-Type tersebut digunakan oelh tim non-pabrik Ecurie Ecosse, dengan semburan cat biru khas tim tradisional Skotlandia dengan garis putih. Dengan kondisi yang masih sangat original, membuat Jaguar tersebut bernilai tinggi.

Di tempat lelang RM Sotheby Monterey, mobil ini ditawarkan dengan harga 27,7 juta dolar Amerika atau Rp 356 miliar. Harga yang cukup tinggi tersebut, membuat mobil balap Jaguar ini, jadi mobil Inggris termahal yang pernah dilelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com