Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugatan Jaguar atas Evoque "KW" Ditolak China

Kompas.com - 23/06/2016, 15:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Jaguar Land Rover (JRL) tidak bisa menggugat perusahaan asal China, Jiangling Motors, atas usaha pemakaian desain Range Rover Evoque pada Lanwind X7. Menurut Pemerintah China, paten kedua model itu dinyatakan tidak sah.

Aplikasi paten Evoque masuk pada April, tapi modelnya sudah pernah muncul di tempat lain. Sementara itu paten Landwind X7 yang diterima pada Mei dinyatakan tidak valid sebab dikatakan sangat merepresentasikan Evoque.

Autoevolution Produksi Range Rover Evoque
Awal bulan ini, JRL mengonfirmasi tengah melakukan aksi legal pada Jiangling. Sumber JRL mengatakan kepada Automotive News, Selasa (21/6/2016), perusahaan tidak akan berhenti menggugat kendati paten ditolak.

Menjiplak desain, walaupun tidak membentur peraturan resmi tetap saja melanggar etika. Hal itu sepertinya tidak mengganggu produsen asal China.

Chen Jihong, pengacara dari Zhong Lun Law menjelaskan, bahkan bila gugatan atas paten bisa dilakukan JRL masih bisa melakukan usaha sampingan. Mengajukan ke pengadilan tentang kompetisi tidak adil yang membingungkan konsumen. Desain Evoque otomatis terlindungi hukum seperti musik atau produk kreatif lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com