Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Discovery Sport Derek Tiga Gerbong Kereta

Kompas.com - 20/06/2016, 14:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bern, KompasOtomotif - Land Rover Discovery Sport beraksi hebat menderek tiga gerbong kereta api buat menunjukan kemampuannya yang dapat diandalkan. Total berat kereta api itu 108 ton atau setara 60 unit Discovery Sport, padahal rating maksimum kemampuan derek sesuai spesifikasi hanya 2,5 ton.

Cuma sedikit modifikasi yang telah dilakukan, seperti terlihat dalam video terlihat ada roda kecil yang membuat Discovery Sport bisa bertahan berjalan di rel.

Awalnya, kereta api tidak mau bergerak, setelah semua sambungan menegang dan seluruh kemampuan torsi 450 Nm dari mesin 2.0L diesel Ingenium keluar, gerakan maju mulai terjadi. Paling sulit memang saat-saat pertama, sisanya gerakan memanfaatkan momentum.

Pada video, Land Rover juga mau menunjukan kalau Discovery Sport tidak menggunakan low gear. Murni hanya mengandalkan transimisi otomatis 9-percepatan dan fitur semacam cruise control kecepatan rendah, All-Terrain Progress Control (ATPC).

Sebenarnya torsi tidak begitu dominan untuk trik semacam ini, tetapi sanggup menggambarkan seberapa kuat sasis mobil. Pada 1989, Land Rover Discovery generasi pertama pernah melakukan hal serupa, 27 tahun kemudian penerusnya membuktikan tidak kehilangan kemampuan.

Generasi terbaru Discovery lahir pada 2015 lalu sebagai keluarga baru. Nama Discovery sudah keluar dari Land Rover, sekarang berdiri sendiri seperti Range Rover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com