Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Harga Land Rover Discovery Sport

Kompas.com - 03/09/2014, 13:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Coventry, KompasOtomotif - Land Rover resmi memperkenalkan keluarga pertama Discovery Sport. Model ini diplot sebagai penerus dua generasi Freelander sebelumnya yang telah beredar selama 17 tahun.

Pengembangan Discovery Sport berasal dari Discovery Vision Concept yang telah diperkenalkan sebelumnya. Rancangan banyak mengadopsi bahasa desain milik Range Rover Evoque. Mengincar pasar yang lebih luas, harga dasar dipatok 37.995 dollar AS atau setara dengan Rp 448 juta di Amerika Serikat.

Pilihan mesin standar, bensin empat silinder, 2.0L turbo bertenaga 243 PS dan torsi 339 Nm yang dipadankan dengan sistem gerak All Wheel Drive (AWD) dan transmisi otomatis 9-percepatan. Di Eropa tersedia pilihan mesin diesel 2.2L, SD4 turbodiesel yang menghasilkan 190 PS, dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 9-percepatan.

Sebagai keluarga Land Rover, crossover 5+2 penumpang ini juga punya bekal off-road. Ada fitur Terrain Response yang mengontrol kemudi, gas, girbok, pengereman, kontrol stabilitas, AWD, untuk memaksimalkan kemampuan di berbaga kondisi permukaan jalan. Selain itu, ground clearance setinggi 8,3 inci bisa sangat membantu bodi masuk dan keluar rintangan.

Teknologi Land Rover yang lain seperti Hill Descent Control; Gradient Release Control, Roll Stability Control, Engine Drag Torque Control, Dynamic Stability Control, dan Electronic Traction Control, juga tersedia.

Motorauthority Discovery Sport

On road
Tapi, Discovery Sport bukan cuma jago di ranah off-road. Kemampuannya di aspal juga dibuat sama baik. Bahkan, beberapa kali unit prototipe pernah terlihat sedang diuji di Nürburgring, Jerman,

Struktur dan bodi dibuat dari alumunium, sama seperti keluarga Jaguar Land Rover lainnya. Kelebihannya, bobot bisa sangat efisien namun memberikan kekuatan, kekakuan, dan ketahanan berlebih. Beberapa komponen di bagian depan sama dengan Evoque. Kap mesin, fender depan, bemper depan dan belakang menggunakan alumunium. Sedangkan buat pilar A dan B diperkuat baja Boron.

Interior
Kenyamanan kabin ditunjuang banyak hal. Ada lima pilihan warna interior, semuanya dilapisi kulit kualitas terbaik. Buat pengemudi terdapat setir palang tiga dengan tuas transmisi, layar instrument lima inci berwarna yang menjadi sumber utama informasi seputar kendaraan. Sektor hiburan dilengkapi koneksi buat produk Android, Apple, dan perangkat ponsel lainnya.

Fokus utama konfigurasi jok pada baris kedua dengan mendapatkan ruang yang lebih besar. Di baris ketiga tersedia dua jok buat penumpang berbadan kecil. Bila tidak digunakan, jok bisa dilipat agar mendapatkan lebih banyak ruang bagasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com