Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Enduro VR46 Lahirkan Pebalap Sukses Seperti Bezzecchi

Kompas.com - 26/06/2024, 16:51 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marco Bezzecchi akan meninggalkan Tim Balap Pertamina Enduro VR46 pada akhir musim 2024 untuk memulai petualangan baru di tim resmi pabrikan.

Seperti diketahui, Bezzecchi resmi bergabung dengan Aprilia pada musim 2025. Ini sekaligus menjadi musim perdana bagi Bezzecchi balapan bersama tim pabrikan sejak debut di MotoGP pada 2022.

“Ini adalah momen yang pahit bagi Tim kami. Di satu sisi, kami hanya bisa bahagia karena telah memainkan peran penting dalam lompatan pebalap muda dari VR46 Riders Academy ke struktur resmi,” ujar Alessio Salucci, Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team, dalam keterangan resmi (26/6/2024).

Baca juga: Teknologi Yamaha AMT, Ganti Gigi Tanpa Kopling dan Perseneling

Marco Bezzecchi resmi bergabung dengan tim Apriliamotogp.com Marco Bezzecchi resmi bergabung dengan tim Aprilia

“Di sisi lain, setelah lima musim, hubungan kami dengan Marco benar-benar istimewa, akrab. Kami telah berbagi banyak momen indah bersama dan banyak kesuksesan dalam sejarah kami terkait dengan Namanya,” kata dia.

Tercatat, Bezzecchi telah bergabung di Tim Balap VR46 sejak akhir 2019 saat bergabung dengan tim Moto2.

Ia merupakan pebalap ketiga yang tumbuh di tim asuhan VR46 Racing Team yang mendarat di Tim resmi menyusul Francesco Bagnaia dan Luca Marini.

Baca juga: Ini Perbedaan Perawatan Berkala Yamaha Nmax Turbo dengan Model Lama

Tiba di kelas para raja mengendarai Ducati di awal musim 2022, ia langsung tampil impresif dengan predikat Rookie of the Year.

Musim 2023 bisa dibilang adalah titik balik. Meski mengalami cedera di tahap akhir kejuaraan, ia merebut posisi ketiga klasemen umum dengan tiga kemenangan (juga kemenangan di Sprint di Assen) dan 13 podium (7 podium GP dan 6 podium Sprint).

Saat ini, bezzecchi berada di peringkat 11 klasemen dengan 45 poin. Dengan dukungan seluruh tim, Bezzecchi bersama Pertamina Enduro VR46 akan meraih capaian terbaik musim ini.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bikin Kecelakaan di Jalan

Pebalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco BezzecchiPertamina Enduro VR46 Racing Team Pebalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Werry Prayogi mengatakan, kepindahan Bezzecchi ke Aprilia jadi bukti keseriusan Pertamina Enduro VR46 Racing Team dalam pembibitan pebalap.

“Hal ini juga yang menjadi pertimbangan Pertamina Lubricants untuk menjalin kerja sama dengan VR46, terutama untuk pengujian produk dan pengembangan pebalap,” ucap Werry.

“Direkrutnya Marco Bezzecchi ke tim pabrikan Aprilia untuk tahun depan, adalah bukti konsistensi komitmen terhadap pengembangan pembalap yang dilakukan Pertamina Enduro VR46 Racing Team,” ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau