Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 5 Tahun, Jumlah SPKLU di Jakarta Naik Signifikan

Kompas.com - 26/06/2024, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya butuh lima tahun, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menyebut pertumbuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) di Jakarta naik 4.100 persen.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran menyatakan langkah tersebut tidak lepas dari peranan Menteri BUMN Erick Thohir yang telah berkomitmen dalam memajukan transisi energi dan sektor transportasi.

Pasalnya pada tahun 2019, Jakarta hanya memiliki 3 SPKLU. Namun, per Juni 2024, jumlah ini melonjak menjadi 126 SPKLU.

Baca juga: 5 Pilihan Helm Lucu dan Menarik untuk Anak

Fasilitas pengisian daya Voltron Ultra Fast Charging DC 100 kW ini berlokasi di Area GF ? P1 Lot B23 mal Living World Alam Sutera.Dok. Voltron Fasilitas pengisian daya Voltron Ultra Fast Charging DC 100 kW ini berlokasi di Area GF ? P1 Lot B23 mal Living World Alam Sutera.

“Pertumbuhan ini mencerminkan komitmen kuat dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi karbon dan mempercepat transisi menuju energi bersih” kata dia.

Seiring dengan peningkatan infrastruktur pengisian daya mobil listrik, penggunaan kendaraan listrik di Jakarta juga meningkat secara signifikan.

Tercatat dari jumlah transaksi SPKLU di wilayah Jakarta yang terus bertambah setiap tahunnya. Pada 2022, terdapat 9.002 transaksi, lalu naik menjadi 41.384 transaksi sepanjang tahun 2023.

Sementara Januari-Mei 2024, total transaksi di SPKLU sudah mencapai 29.449 transaksi. Menandakan minat masyarakat Jakarta semakin tinggi terhadap kendaraan listrik.

Baca juga: Waspada, Air Hujan Bikin Pelek Berjamur dan Korosi

Ilustrasi SPKLU di rest area Tol Trans Jawa.Dok. PT Jasa Marga Ilustrasi SPKLU di rest area Tol Trans Jawa.

Selain itu, total konsumsi listrik untuk pengisian daya mobil listrik mencapai 1.686.657 kWh. Jumlah ini setara dengan penggunaan listrik rata-rata sebesar 400 kWh per bulan bagi 4.216 pelanggan di Jakarta.

“Pertumbuhan SPKLU yang pesat ini merupakan bukti nyata dari upaya kami dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia," kata Lasiran.

"Kami terus berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur yang memadai demi kenyamanan dan kemudahan pengguna kendaraan listrik” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau