Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jantung" Pasokan BBM Sulut Ditambah

Kompas.com - 28/03/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Terminal bahan bakar minyak (TBBM) Bitung milik PT Pertamina (Persero), punya peran penting sebagai titik tumpu disribusi BBM ke wilayah Sulawesi Utara. TBBM ini sudah eksis sejak tahun 1969, dan berdiri di atas tanah 81.915 meter persegi.

“TBBM Bitung ini bisa dikatakan sebagai jantungnya, untuk penyaluran BBM ke wilayah Sulut. Selain itu ada juga daerah lain yang pasokannya dari kami, seperti Gorontalo, wilayah timur Sulawesi Tengah, serta sebagian Maluku Utara,” ujar Verie Lumintang, Operation Head Terminal BBM Bitung, Sabtu (26/3/2016).

Verie melanjutkan, rencananya, kapasitas penyimpanan di TBBM Bitung akan ditambah. Ini seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat Sulut dan sekitarnya akan kebutuhan BBM.

“Bertambanya permintaan di wilayah kami ini, sejalan dengan pertumbuhan populasi kendaraan yang semakin banyak. Kemungkinan penambahan kapasitas ini akan terealisasi di 2017. Penambahannya sebanyak 10.000 kilo liter (KL) atau dua kali 5.000 KL,” ujar Verie.

Veri menambahkan, hingga saat ini, TBBM Bitung sanggup menampung premium sebanyak 20.000 KL, solar 20.000 KL, minyak tanah 3.000 KL, Avtur 2.000 KL, Pertamax 2.500 KL, dan  Pertalite 9.000. Selain itu, juga melayani kurang lebih 1700 KL kebutuhan BBM per harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com