Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Konsumsi BBM New Xpander Cross di Rute Tol

Kompas.com - 24/06/2024, 20:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi New Xpander Cross merupakan mobil di segmen Low SUV yang punya konsumsi bahan bakar cukup hemat di kelasnya.

Berdasarkan pengetesan di rute tol Jakarta-Cikampek dengan kondisi ramai lancar sejauh 110 Km, hasil konsumsi BBM New Xpander Cross menghasilkan 17,3 Km per liter (hasil MID).

Untuk diketahui, hasil ini didapat dengan kecepatan rata-rata 80 Kpj dan mesin diisi bahan bakar RON 90. Adapun mobil diisi 2 penumpang dewasa dan 1 anak-anak, serta barang bawaan.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Bayar Tol Pakai e-Toll Pengendara Lain

Hasil konsumsi BBM rata-rata New Xpander Cross di rute tol bisa mencapai 17,3 km per liter.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hasil konsumsi BBM rata-rata New Xpander Cross di rute tol bisa mencapai 17,3 km per liter.

Saat pemakaian di dalam kota, rpm mesin umumnya bermain di rentang 1.500-3.000 rpm. Sementara di rute tol, putaran mesinnya juga terbilang rendah ketika berada di kecepatan tinggi.

Saat melaju 100 Kpj di tol, putaran mesin tak melebihi 3.000 rpm. Kondisi ini juga yang membuat konsumsi bahan bakarnya cenderung irit.

Sebagai informasi, angka tersebut juga didapat berkat penggunaan transmisi CVT baru, yang membuat respon mesin terasa halus namun cukup untuk menghela bobot New Xpander Cross.

Baca juga: Alasan Banyaknya Pengguna Mobil Listrik Kembali ke Konvensional

Ilustrasi berkendara di jalan tolKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi berkendara di jalan tol

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, New Xpander Cross mengusung mesin berkode 4A91 1.500 cc MIVEC yang menghasilkan tenaga 105 PS atau setara 103 tk dan torsi 141 Nm.

Adapun, rasa berkendara New Xpander Cross kurang lebih masih mirip dengan model sebelumnya.

Meskipun ukurannya agak besar (P x Lx T: 4.500 mm x 1.800 mm x 1.750 mm), tapi didukung setir yang ringan, membuat pengendalian mobil terasa lincah di Tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com