Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaiki Segitiga Sepeda Motor Rusak

Kompas.com - 05/03/2016, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –  
Kerusakan segitiga atau fork pada sepeda motor (bengkok dan tidak center), jadi salah satu penyakit yang kerap muncul saat terjadi benturan (tabrakan) atau sekedar sepeda motor terjatuh ke samping saat parkir. Kalau sudah begini, motor sudah kehilangan nyaman ketika dikendarai, lebih parah justru bisa memicu kecelakaan baru.

Solusi paling jitu adalah dengan mengganti komponen dengan yang baru, tapi masih ada alternatif lain yang bisa dipilih, perbaikan. Bengkel yang biasa melakukan perbaikan persoalan ini, adalah spesialis pengepresan segitiga, salah satu alternatifnya Bengkel JBB Press Sahardjo (khusus press sepeda motor) bisa jadi pilihan lokasi untuk disambangi.

Muhammad Rois, pemilik bengkel JBB mengatakan, harga perbaikan segitiga, berbeda-beda tiap jenis sepeda motor. Seperti untuk segmen bebek dan skutik di harga Rp 90.000, sport 150cc Rp 130.000, dan sport 250cc Rp 150.000.

“Komponen segitiga sendiri menyatu dengan sokbreker, jadi terkadang perbaikan juga meliputi area sokbreker tersebut. Namun apakah sokbrekernya bisa lurus kembali, tergantung dari kerusakan yang dialami,” ujar Rois kepada KompasOtomotif, Kamis (3/3/2016).

Rois melanjutkan, lama pengerjaannya sendiri cukup cepat sekitar 20 menit. Namun karena adanya pembongkaran dan pemasangan bodi sepeda motor, waktunya menjadi lebih lama.

“Untuk pengerjaan seluruhnya, dari mencopot bodi sampai memasangkannya kembali, kurang lebih selama 45 menit sampai 1 jam. Kalau ingin mampir, lokasi kami ada di Jalan Sahardjo Raya nomor 106A, Jakarta Selatan,” ujar Rois.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com