Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suntik Kaca Mobil Retak atau Baret

Kompas.com - 16/12/2015, 07:23 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Jangan khawatir jika kaca mobil retak terkena hantaman benda atau batu kerikil saat di jalan. Sebab, Anda tidak harus merogoh kocek dalam untuk membeli kaca baru yang harganya relatif mahal.

Tapi, Anda bisa membawanya ke bengkel spesialis poles dan suntik kaca mobil baret yang sudah tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya adalah Glass Cleaner Dhika Auto Detailing kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sesuai namanya, di sini ada metode unik yang ditawarkan untuk memperbaiki masalah kaca retak atau baret pada mobil, yakni dengan suntik.  Dhika, sang pemilik bengkel menjelaskan, ada beberapa tipe retakan di kaca mobil. Pertama bulat atau disebut retak mata sapi, kedua berbentuk bintang, dan terakhir bentuknya seperti koin.

“Kalau untuk retak mata sapi, maksimal bisa diperbaiki itu lebarnya 3 cm, bentuk bintang 5 cm dan yang seperti koin maksimal di 3 cm,” ujar Dhika kepada KompasOtomotif, Senin (14/12/2015).

Proses pengerjaannya, lanjut Dhika, dicari pusat retak kacanya dimana, setelah itu dibor menggunakan mata bor berukuran 0,5 mm untuk membuka rongga retaknya. Selanjutnya, disuntik menggunakan cairan senyawa kaca dan terakhir dikeringkan kembali dengan sinar Ultra Violet (UV).

“Proses pengerjaannya tidak lama, hanya satu sampai satu setengah jam. Jadi konsumen bisa menunggu dan melihat prosesnya,” ujarnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com