Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Berjanji Kurangi Fatalitas di Jalan pada 2019

Kompas.com - 03/12/2015, 16:35 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta
, KompasOtomotif - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berusaha mengurangi fatalitas jalan raya di 2019 sebesar 50 persen dari total 2014. Tahun lalu, berdasarkan data Korlantas Polri, jumlah kecelakaan di Indonesia sebanyak 91.688 kejadian.

Menurut Jonan, guna mencapai target tersebut, butuh dana besar. Bahkan, Kementerian Perhubungan tahun depan akan mengucurkan uang Rp 12 triliun untuk keselamatan transportasi.

"Tahun depan apabila disetujui oleh rapat paripurna DPR, kami mengusulkan dana untuk keselamatan transportasi Rp 12 triliun. 25 persen dari total Dipa Kementerian Perhubungan akan digunakan untuk keselamatan transportasi, termasuk darat," ujar Jonan di sela-sela acara Indonesia Road Safety Award (IRSA) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015).

Jonan melanjutkan, target tersebut lebih cepat daripada yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni 2035. Karena menurut Jonan itu terlalu lama, maka ia percepart di 2019 mendatang.

Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com Menteri Perhubungan Iganasius Jonan di ruang Area Control Center Bandara Internasional Sokearno-Hatta, Sabtu (11/7/2015).

"Pemerintah mencangkan 2035, kami tidak setuju karena terlalu lama dan pasti Menteri Perhubungannya juga sudah bukan saya. Jadi saya tentang dan harus terlaksana di 2019," ujar Jonan.

Lebih dari itu, anggaran yang ditetapkan Jonan untuk tahun depan jelas sangat besar jika dibandingkan dengan periode pemerintahan sebelumnya, yakni hanya Rp 1 triliun. 

Demi mewujudkan itu semua, Jonan beserta timnya di Kementerian Perhubungan siap bekerja keras. "Nanti, jika rekomendasi infrasutruktur jalan bila tidak bagus maka tidak akan dikeluarkan. Petugas pun sudah diperintahkan untuk lebih banyak berada di lapangan dibanding di balik meja," katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com