Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Impresif Jantung MX King yang Naik Kelas

Kompas.com - 17/03/2015, 18:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Saat diberi kesempatan menggeber Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150, belum lama ini, bayangan yang ada di benak KompasOtomotif adalah menaiki bebek tapi dengan performa sedikit di atas rata-rata. Tapi sebenarnya, yang terasa adalah lebih dari itu.

Sebelum membahas performa mesin, awak redaksi sejenak mengamati fitur di balik desain speedometer yang futuristik. Sudah dibahas dalam artikel lain bahwa sepeda motor ini bisa menyapa pengendara lewat kata sapaa ”Hi Buddy” atau ”Ready to Go”. Itu pun bisa diganti dengan nama sendiri maksimal 6 karakter.

Kemampuan lain dari cluster ini, terdapat beberapa informasi yang bisa dilihat pengendara, yakni odometer, tripmeter 1, tripmeter 2, indikator eco, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan rata-rata kecepatan.

Di luar itu, Yamaha benar-benar membuatnya naik kelas, tak hanya dari kubikasi 135cc menjadi 150cc, tetapi juga ”rasa” jantung pacu yang baru. Impresi yang dirasakan adalah torsi besar di putaran bawah begitu terasa. Saat tuas kopling dilepas, sepeda motor terasa cukup liar.

Akselerasi

Kemampuan berakselerasi mesin dengan tenaga maksimal 15,1 tk dan torsi 13,8 Nm ini sangat baik. Yamaha Indonesia memberi gambaran, bahwa MX King punya final gear lebih banyak satu mata alias 14-44 jika dibandingkan V-ixion baru dengan 14-43.

Untuk ”tarik-tarikan” di awal sepeda motor ini akan sangat baik. Namun saat digeber di putaran mesin atas, karakter tak segalak putaran bawah. Apalagi, eksplorasi tidak maksimal karena trek lurus yang sangat terbatas.

Sebagai gambaran, Yamaha memberikan data bahwa kecepatan maksimal mencapai 117 kpj, dengan putaran mesin yang dibatasi hingga 10.000 rpm.

Dengan harga Rp 18,95 juta untuk varian Jupiter MX 150 dan Rp 19,45 juta untuk MX King, akankah produk ini mampu mengangkat derajat bebek kembali?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com