Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revolusi Audio di Kabin Mobil [Video]

Kompas.com - 11/11/2014, 11:48 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Carscoops

California, KompasOtomotif - Revolusi terus terjadi dalam hal budaya pengemudi atau penumpang dengan sistem audio yang ada di dalam mobil. Kini, sistem audio mobil bukan cuma sekedar untuk memutar CD atau mendengar siaran radio tetapi sudah jauh lebih canggih.

Termasuk budaya mendengarkan musik di kabin, kini sudah banyak yang langsung streaming atau terkoneksi via internet. Gordon Borrell, pengamat industri media di Amerika Serikat mengatakan, posisi stasiun radio wilayah terancam saat ini. Bahkan, Borrell mengatakan kemungkinan besar setengah populasi radio di AS bisa punah dalam 10 tahun ke depan.

Perpindahan budaya ke era digital sudah lazim terjadi dan dalam hal sistem audio di dalam mobil, sudah berevolusi menjadi colokan USB, AUX in, atau radio satelit dan digital. Riset terbaru yang dikeluarkan CNET, menunjukkan bagaimana tren konsumsi musik di dalam mobil di AS.

"Saya itu yang akan terjadi untuk Radio (dalam 10 tahun mendatang). Radio sempat punya audiens utama mendengarkan lantunan suara pada sore hari. Tapi, budaya itu musnah antara 1948-1962. Para pebisnis radio kemudian mulai kehilangan audiens di malam hari dan kini mencoba fokus menghibur di siang hari," beber Borrell.

Borrell melanjutkan, kondisinya saat ini industri radio tengah menghadapi perubahan yang signifikan. Kondisi dasbor mobil, sama ketatnya dengan industri televisi ketika stasiun penyiar saling bersaing mengejar rating tertinggi.

Tapi, meski sebagian besar stasiun radio akan musnah, tetap akan ada yang bertahan, terutama mereka yang disokong perusahaan besar. Radio komunitas dan kota-kota kecil juga diprediksi masih bertahan, tetapi di antara kedua segmen itu akan musnah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com