Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Segera Hadir dari Kabin Produk GM

Kompas.com - 05/11/2014, 13:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

San Francisco, KompasOtomotif - Lebih dari 1 juta unit piranti mobile, mulai dari ponsel pintar, tablet, atau jam tangan komputer, menggunakan sistem operasi Android dari Google Incorporated. Kini perkembangan mulai masuk ke kabin mobil dimulai oleh General Motors pada 2016.

Informasi ini bocor dari salah satu pemasok komponen otomotif Harman International yang mengaku sukses menandatangani kontrak dengan GM pada 2012 untuk memasok generasi terbaru sistem infotainment kabin mobil. Harman akan menggunakan sistem operasi Android, dijadwalkan mulai dipasok akhir 2016, jelas Dinesh Paliwal, Chief Executive Officer Harman International, dilansir Autonews (4/11/2014).

"Seperti yang Anda perkirakan, solusi generasi terbaru infotainment ini akan membuka akses toko aplikasi yang memungkinkan sistem tetap relevan secara teknologi sesuai masa usia kendaraan. Aplikasi akan dikembangkan oleh GM, Harman, dan pihak ketiga lainnya, bukan cuma Google dan Apple," beber Paliwal.

Paliwal melanjutkan, Harman yang berkantor pusat di Stamford merupakan anggota dari Google-Ied Open Automotive Aliance, aliansi perusahaan yang memanfaatkan dan mengembangkan sistem Android. Bersama Google, Harman ikut mengembangkan dan memastikan kalau sistem ini layak atau ideal untuk kegunaan di kabin mobil.

Ini artinya, berupaya memuaskan berbagai tuntutan yang datang dari perusahaan mobil dunia, misalnya mengaktifkan sistem Android dengan instan, ketika pengemudi memutar kunci atau menekan tombol "start" pada mobilnya. Paliwal mengatakan, GM akan menjadi mobil pertama yang menggunakan komponen dari Harman. Meskipun, merek lain boleh menggunakan juga setelahnya.

Ketika dikonfirmasi, GM mengelak informasi tersebut. "General Motors merupakan pemimpin industri yang terkoneksi dengan teknologi mobil. Kami antusias dengan masa depan tetapi tidak bisa berkomentar soal model dan teknologi masa depan," jelas salah satu juru bicara GM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com