Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Lengkap, Honda CBR250R atau Yamaha R25?

Kompas.com - 08/07/2014, 15:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat biker yang masih bingung memilih antara Honda All-New CBR250R atau Yamaha YZF-R25, selain masalah desain dan kenyamanan, ada satu lagi tambahan sudut pandang yaitu kelengkapan fitur. Keduanya punya kelebihan masing-masing.

Roderick A. Moses Honda CBR250R Vs Yamaha YZF-R25
Kompas.com/Roderick Adrian Moses Kelebihan dibanding kompetitor adalah panel meter lengkapnya yang seperti mobil.
Roderick A. Moses Detail Honda All-New CBR250R

Kelengkapan
CBR250R kini mengadopsi mata ganda, R25 juga demikian, aplikasinya sama “mati sebelah” dalam kondisi normal mengikuti gaya superbike. Kedua lampu akan menyala bila menekan tombol lampu jauh.

“Jubah” keduanya sama-sama keren, bisa disesuaikan dengan selera. Tombol-tombol di setang hampir tidak ada perbedaan, kecuali pada posisi tombol klakson dan lampu sein CBR250R yang letaknya terbalik atas-bawah.

Roderick A. Moses instrument cluster All-New CBR250R
Roderick A. Moses Instrument cluster Yamaha R25.

Pembeda terlihat dari dasbor, di bagian ini CBR250R tetap memakai tampilan yang sama seperti versi lama, serupa juga dengan CBR150R. Mesti diakui, R25 punya instrument cluster lebih canggih, kendati sama menggabungkan indikator analog dan digital, fiturnya lebih lengkap.

Keduanya menggunakan pelek 17 inci dengan ukuran ban serupa, 110/70 (depan) dan 140/70 (belakang). Memacu CBR250R lebih “pede” pasalnya sistem pengereman dilengkapi dengan pilihan tambahan ABS (Anti-lock braking system). Fitur ini belum ada di R25.

R25 lebih panjang dan tinggi dari CBR250, sementara lebar sama. Saat parkir, masih lebih mudah memindahkan CBR250 seberat 164 kg, pegangan tangan besi milik “boncenger” bisa membantu. Sedangkan pada R25 dengan bobot 166 kg, menggunakan tali pada jok belakang.

Roderick A. Moses Keduanya mengusung gaya balap harian.

Kesimpulan
Pilihan memang masih tergantung selera, CBR250R yang punya basis kuat di Indonesia telah berbenah diri menghadapi persaingan kelas sport 250 cc, sedangkan R25 kontestan baru sanggup menggoda lebih dahsyat. Dengan perbedaan harga terpaut Rp 6,2 juta, menutup "kekurangan" CBR250 dibanding R25.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com