Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalan Mitsubishi Saingi Trio Jerman di Gran Turismo 6

Kompas.com - 02/06/2014, 09:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah Mercedes menelurkan AMG Vision GT, lalu BMW dengan Vision GT, dan VW yang mengandalkan GTI Roadster, giliran Mitsubishi yang mendesain XR-PHEV Evolution Vision GT untuk bersaing dengan trio Jerman. Sekaligus jadi produsen mobil terakhir yang ikut ambil bagian untuk meramaikan game balap Gran Turismo 6.

Mobil itu dibangun dari desain XR-PHEV yang dikenalkan pada Tokyo Motor Show 2013. Konsep yang menyandang teknologi plug-in hybrid ini punya desain yang menggabungkan beberapa line up. Hasil akhirnya, mobil sporty mirip sedan kupe. Sementara pemberian kata ”Evolution” karena Mitsubishi mendongkrak performa yang mengubah konsep sedan menjadi petarung Reli Dakar.

Desain ”dikeroyok” oleh dua grup, yakni Advanced Vehicle R&D dan Aerodynamic Engineering Development. Dua grup ini biasanya berkolaborasi untuk membangun mobil sport untuk balap seperti WRC dan Reli Dakar. Bahkan legenda Reli Dakar seperti Hiroshi Masuoka juga ikut terlibat dalam pengembangan mobil ini.

Mitsubishi Mitsubishi XR-PHEV Gran Turismo bisa diajak jalan di kondisi medan apa pun.

Kokoh
Secara penampilan, mobil ini mengadopsi kesan kokoh, terutama di bagian depan. Gril sangat futuristik dengan lengkungan garis sampai bemper. Inspirasinya adalah pelari yang sedang bersiap melesat di garis start untuk mendapatkan kesan kedua, yakni kencang.

Dalam video, ditunjukkan bahwa mobil ini tak hanya bisa dikebut di trek aspal, tetapi juga jalan tanah padat, gravel, bahkan salju. Mitsubishi benar-benar ingin memberikan kelebihan untuk mobil ini dibandingkan apra kompetitor di game yang akan dirilis Juni 2014 ini.

Tidak ada penjelasan detail soal tenaga, tapi mesin plug-in hybrid akan dikombinasikan dengan transmisi 8-percepatan. Sesuai tradisi, sistem penggerak roda menganut all-wheel-drive menggunakan teknologi S-AWC vehicle dynamics control system yang dikenalkan pertama kali pada Evo VII.

Memang, wajah ini hanya konsep dan fantasi, sama seperti trio Jerman yang belum mengungkap rencana diproduksi. Tapi di sisi lain, rumor menyebut bahwa pengganti Lancer Evolution akan lebih ke arah SUV ketimbang sedan sport. Apakah terinspirasi dari XR-PHEV Evolution Vision GT?

Kita tunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com