Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot-Citron Galau Soal Hubungan dengan Mitsubishi

Kompas.com - 22/05/2014, 13:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Paris, KompasOtomotif - PSA Peugeot-Citroen lagi galau. Produsen mobil asal Perancis ini lagi menimang-nimang apakah mau melanjutkan kerjasamanya dengan Mitsubishi atau tidak. Hal ini berkait dengan kondisi perusahaan yang masih "babak-belur" karena krisis Eropa yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Chief Executive Officer PSA Peugeot-Citroen, Carlos Tavares, mengatakan, keputusan menyangkut hubungan dengan Mitsubishi akan diputuskan setahun lagi. Saat ini, perusahaan mencoba menyiapkan strategi baru, apakah sudah saatnya memasarkan mobil listrik untuk konsumen.

"Ini strategi yang akan kami bangun ulang dalam 12 bulan mendatang, sekaligus memutuskan apakah mencoba mengembangkan (teknologi mobil listrik) sendiri, dengan mitra, dan di mana kami akan mengembangkannya," jelas Tavares, seperti dilansir Autonews Europe (21/6/2014). Selain itu penguatan nilai tukar Yen juga menjadi salah satu pertimbangan menentukan langkah perusahaan.

Saat ini, Mitsubishi merakit Citroen C-Zero dan Peugeot iOn, yang merupakan mobil listrik, dari pabrik Mizushima, di Jepang, sejak 2010. Mitsubishi punya kewajiban memasok total 100.000 unit sejak ditandatangani kontrak dengan PSA. Kedua model ini diproduksi dari Mitsubishi i-MiEV.

Tahun lalu, Citroen berhasil menjual 651 C-Zero di eropa, turun dari tahun sebelumnya mencapai 3.142 unit. Peugeot iOn juga mengalami hal sama, turun menjadi 455 unit dari sebelumnya 3.080 unit. Sedangkan Mitsubishi berhasil menjual 880 unit i-MiEV tahun lalu, turun dari sebelumya 1.635 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com