Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Sungkar Andalkan Pajero Sport pada Kejurnas Speed Off-road 2014

Kompas.com - 28/05/2014, 15:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menjelang seri kedua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Speed Offroad 2014,  PT Pertamina Lubricants bersama pebalap satu-satunya, Rifat Sungkar, meresmikan tim Pertamina Fastron Offroad, di Jakarta, Rabu (28/5/2014). Mengandalkan Mitsubishi Pajero Sport GLX 4X4 bermesin diesel 2.5 DOHC dan pelumas Fastron Diesel SAE 15W-40 API Service CI4, tim baru mengusung target optimis beradu cepat dengan kendaraan lain bermesin bensin.

“Kita tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan Rifat dengan membentuk tim khusus speed off-road. Kenapa kita pilih speed off-road, karena pada 2014 olahraga ini telah menjadi tren baru di otomotif. Kami berharap tim dapat membuktikan ketangguhan kendaraan bermesin diesel-nya di antara kendaraan-kendaraan lain yang berbahan bakar bensin,” papar Rifky Effendi Hardijanto, Direktur Sales & Marketing PT.Pertamina Lubricants, saat peluncuran.

Pajero Sport tetap menjadi satu-satunya kontestan yang menggunakan bahan bakar solar di ajang tersebut. Seri kedua Kejurnas Speed Offroad 2014 akan digelar pada 31 Mei – 1 Juni di Harvest City Cibubur, Jakarta Timur. Persiapan Rifat yang masuk kelas Free For All (FFA) telah matang. Berbagai ubahan teknis telah dilakukan, dibungkus livery baru yang menjadi penanda tim baru yang telah terbentuk.

Febri Ardani Mitsubishi Pajero Sport GLX menjadi andalan Rifat Sungkar di ajang Kejurnas Speed Offroad 2014.

Modifikasi
“Modifikasinya bisa diikuti semua orang. Fokusnya meringankan bobot hingga 50 persen, seting piggyback, ganti intercooler, dan tentu memakai suspensi yang lebih panjang karena banyak rintangan jumping. Belum banyak yang tahu, lebih mudah meningkatkan tenaga mesin diesel dibanding bensin. Di mobil ini tenaga standar 136 PS, sekarang 303 PS,” tutur Rifat.

Penampilan perdana Pertamina Fastron Offroad Team berlangsung pada Kejuaraan Indonesia X-Offroad Racing putaran ke-3, (10-11 Mei 2014), di Sirkuit Bumi Semarang Baru (BSB City), Semarang. Tim berhasil menjadi juara kedua kelas Free For All 2, juara kelima Group FFA dan  juara keempat Best Overall.

Pertamina Fastron Offroad Aksi Rifat Sungkar di Kejuaraan Indonesia X-Offroad Racing putaran ke-3 (10-11 Mei 2014) di Sirkuit Bumi Semarang Baru (BSB City), Semarang.

"Saya berharap dengan dukungan Pertamina Fastron, kami akan terus terpacu dan bersemangat dalam berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di ajang Kejurnas kali ini,” imbuh Rifat Sungkar yang juga mengumumkan peran Indra Prasetyo sebagai navigator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com