Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keluarga Baru Ducati Monster

Kompas.com - 29/05/2014, 14:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Bologna, KompasOtomotif – Monster 1200 yang diluncurkan di EICMA, Milan, akhir 2013 lalu bukanlah ”monster” terakhir yang diluncurkan Ducati. Ternyata, ada lagi ”monster” baru yang siap lahir sebagai keluarga ”setan jalanan” Italia. Dia adalah Monster 821, sepeda motor telanjang berjenis roadster dengan tampang mirip Monster 1200 tapi bermesin sedang sekelas Hypermotard.

Lihat sepintas, lampu depan, penonjolan rangka, lekukan knalpot, hingga garis tangki, tak beda jauh dengan 1200. Meski demikian bukan berarti sama persis. Jika diperhatikan lebih detail lengan ayunnya dobel, sementara versi 1200 menganut sistem tunggal. Bedanya lagi terdapat pada tempat plat nomor dan spoiler lampu belakang.

Mesin menggunakan milik Hypermotard atau Hyperstrada, V-Twin 90 derajat, 821cc, Testastretta 11, berpendingin cairan. Tenaga diklaim mencapai 112 PS dan torsi 89,3 Nm. Paket mesin itu dikemas gagah dalam rangka teralis yang mirip 1200.

motorcycle Mukanya mirip Monster 1200, tapi dengan mesin lebih kecil dan lengan ayun ganda.

Ducati mengklaim bobot kosongnya 179,5 kg, cukup ringan untuk dikendalikan. Jarak jok dengan tanah tidak disebut, tapi kemungkinan besar bisa disetel, sama seperti sang kakak. Sama seperti varian lain, sistem kontrol gas menggunakan tipe ride-by-wire dengan tiga mode pengendalian. Kontrol traksi bisa disetel delapan level, sementara ABS tiga level.

Terjadwal, 821 akan mulai dikirim ke dealer Juli 2014. Pilihan warna ada dua, merah dengan rangka merah dan pelek hitam, lalu ada putih dengan rangka merah dan pelek merah hati. Keduanya mendapat jok yang disesuaikan dengan warna bodi. Jika ingin lebih ”kelam”, disediakan pula tipe 821 Dark dengan rangka hitam dan pelek gelap glossy.

Untuk dua tipe warna standar dibanderol 11.495 dollar AS (Rp 133,6 juta), sementara versi gelap justru lebih murah, 10.995 dollar AS (Rp 127,8 juta). Masuk Indonesia? Bisa lebih dari Rp 250 Juta!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com