Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Tipe Injeksi, TVS Siap Hadapi Regulasi.

Kompas.com - 06/05/2014, 15:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berbagai varian sudah diluncurkan PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) untuk meramaikan industri sepeda motor Tanah Air. Namun, dari sekian banyak model, hingga saat ini belum ada tipe yang berteknologi injeksi. Bahkan pada TVS Apache Xventure yang diluncurkan hari ini (6/5/2014), sistem pengabutan bahan bakar masih menggunakan karburator.

TMCI mengaku tak khawatir dan siap jika memang sudah benar-benar dibutuhkan untuk switch dari sistem karburator ke injeksi. Regulasi dari pemerintah yang meminta setiap produsen kendaraan bermotor harus memberikan produk ramah lingkungan berstandar EURO3 pada 2015 siap dihadapi.

”Kami sudah mempersiapkan diri. Ketika nanti eranya sudah dekat, kami pasti akan lakukan, karena teknologinya sudah ada. Tinggal menunggu waktu saja. Di PRJ mendatang TVS akan menampilkan varian-varian berteknologi tinggi, membuktikan kesiapan kami,” kata Herry Budijanto Dragono, Chief Marketing Officer TMCI.

Ditambahkan, untuk menggelontor sepeda motor berstandar emisi EURO3, TMCI mengaku sebenarnya produk-produk yang dipasarkan sudah kompatibel. Hanya, perlu penambahan peranti teknis seperti catalytic converter.

Andai memutuskan untuk switch ke produk-produk dengan teknologi injeksi, jaringan bengkel juga harus dikalibrasi. Dan itu menurut Herry akan dilakukan bertahap, tidak semudah membalik telapak tangan seperti yang dilakukan produsen-produsen besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com