Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Super Tenere ES, Petualang Baru 2014

Kompas.com - 13/01/2014, 09:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Toronto, KompasOtomotif – Yamaha mulai menunjukkan sosok Super Tenere ES, jenis adventure kelas berat sebagai salah satu dari serangkaian model yang diluncurkan pada 2014. Dijelaskan, model mengalami berbagai optimalisasi,  tenaga, kelengkapan, hingga aksesori pendukung untuk memudahkanya digunakan buat berpetualang.

Model ini sudah punya nama sebagai penjelajah kelas wahid. Sebut saja Reli Dakar yang menggunakannya sebagai basis atau tim Ring of Fire Adventure-Indonesia, juga mengandalkan tenaga dan ketangguhannya.

motorcycle Tampilan panel cukup rumit, tapi lengkap.

Tenaganya diklaim naik cukup besar karena gesekan antar komponen mesin bisa dikurangi, khususnya antara piston dan ring. Saluran gas buang,  juga diklaim makn tokcer dan bisa menaikkan tenaga sekalgisu mengurangi emisi gas buang.

Suspensi yang dikontrol secara elektronik dari KYB, bisa dilakukan melalui tuas di setang kemudi dengan tiga pilih atau moda, "Soft”, ”Standard” dan ”Hard” sesuai dengan medan yang akan dilalui.

Bagi yang ingin tampil beda, tersedia tameng angin yang bisa disetel untuk empat posisi berbeda, panel instrumen digital, setang batang kemudi dari alumunium berbentuk tirus, lampu sein LED, tombol tuas dan penutup muffler . 

Yamaha Motor Canada menjualnya Rp 200-an juta (kurs 1 USD setara Rp 12.161). Model ini tersedia mulai April 2014 dengan dua plihan warna, abu-abu dan biru keunguan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com