Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Sanggah Lagi Rumor Bikin Skuter

Kompas.com - 03/01/2014, 14:53 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bologna, KompasOtomotif — Desember lalu, beredar kembali kabar bahwa Ducati sedang menyiapkan model skuter yang sudah berembus sejak 2012. Ternyata, berita itu hanya gosip, dan CEO Ducati, Claudio Domenicali, membantahnya. "Skuter bukan bagian dari masa depan Ducati," tekan Domenicali kepada MCN.

Dia mengatakan, mesin kecil bukanlah amunisi cadangan Ducati dalam menghadapi persaingan global pada masa yang akan datang. Salah satu produk tersebut adalah scramble yang akan diperkenalkan tahun ini, dan penjualan dijadwalkan pada 2015.

Buat Ducati, "masa depan" yang dimaksud masih bergantung pada sepeda motor bermesin besar, mencari pasar baru, dan mengembangkannya.   

Ducati Ducati Brio 48
Sejarah
Ducati pernah membuat skuter pada 1950-an, dimulai dari Cruiser 175 bertenaga 7,5 PS yang bisa dikebut 50 kpj. Saat itu pamornya kalah dari Vespa dan Lambretta, serta hanya sempat diproduksi dalam ribuan unit sampai akhirnya dihentikan. 

Dueruotenelweb Ducati Cruiser 175
Sepuluh tahun setelah debut Cruiser 175, Ducati mencoba kembali membuat skuter dengan nama Brio, yang dirancang oleh Gio Ponti, desainer yang mengembangkan Fiat 600. Waktu itu, dua mesin ditawarkan, yakni 48 dan 80 cc. 

Ducati Brio dikatakan mampu menjelajah sejauh 220 km pada kecepatan 40 kpj, hanya mengandalkan satu tangki bahan bakar terisi penuh.

Photobucket Ducati Brio 100
Brio 48 juga pernah menggunakan mesin 100 cc untuk kendaraan operasional polisi lalu lintas di Bologna. Namun, mesinnya kemudian diganti lagi menjadi 50 cc. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com